Harga Bibit Jeruk Keprok cukup Terjangkau

JERUK keprok belakangan mulai diminati untuk budi daya. Harga bibit yang cukup terjangkau yaitu Rp75 ribu per bibit, membuat peminatnya makin banyak.

Pembibitan jeruk keprok ini dapat dilakukan dengan menggunakan bijinya. I Ketut Sueta, petani jeruk asal Petang Kabupaten Badung menerangkan pengalamannya dalam membuat bibit jeruk serta menghasilkan bibit yang benar-benar unggul dan berkualitas, yaitu dengan membuat batang bawah dari biji dan ditempel menggunakan batang atas yang berkualitas.

Beberapa petani juga mengembangkan sistem stek maupun cangkok untuk menanam jeruk keprok ini. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga petani dapat menimbang sistem bibit mana yang akan diaplikasikan untuk cara pembibitan.

Untuk membuat bibit unggul, ia mengaku menggunakan batang bawah dari bibit jeruk biasa sehingga pohon jeruk akan menjadi lebih kokoh. Kemudian baru ditempel atau diokulasi dengan jeruk keprok sesuai permintaan konsumen. “Tunas yang dipakai menempel, merupakan tunas pilihan sehingga menghasilkan bibit unggul,” tandasnya.

Jeruk jenis keprok memiliki keunggulan buah yang lebih besar, kulitnya tipis dan rasanya yang manis sehingga banyak peminatnya. Permintaan bibit selalu ada sehingga pihaknya selalu menyediakan bibit. Namun bila permintaan dalam jumlah besar harus dilakukan pemesanan terlebih dahulu. Selain menyediakan bibit jeruk keprok, ia mengaku menyediakan  bibit jeruk lainnya seperti berastagi, siam dan jeruk lemon. Harga bibit tergantung jenis. (pur)