Waspadai KSP yang Tawarkan Investasi dan Bunga Tinggi

Denpasar (Bisnis Bali) – Koperasi simpan pinjam (KSP) yang menawarkan investasi dan suku bunga tinggi harus diwaspadai. Selama ini KSP yang seperti itu umumnya bodong dan tidak memiliki izin investasi sehingga menyalahi aturan yang ada.

Wakil Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Bali, I Dewa Nyoman Patra S.H., M.H., Minggu (17/2) menegaskan, belakangan ini banyak kasus koperasi yang bermasalah. Bahkan, terakhir kasusnya ada di Bali sebanyak 12 KSP bodong yang mampu mengumpulkan dana masyarakat sampai ratusan miliar rupiah.  Ironisnya lembaga tersebut mencatut nama KSP yang mana sebenarnya pihak manajemennya belum pernah mengajukan permohonan izin seperti badan hukum koperasi.

”Itu tidak ubahnya maling, karena nama KSP untuk mengelabui masyarakat.  Untuk itu ranah hukumnya justru dirugikan, sehingga nama KSP menjadi jelek,” katanya.

Dewa Patra menyebutkan, banyak modus yang digunakan untuk mempengaruhi masyarakat. Apalagi sekarang ini teknologi sudah makin canggih. Banyak pelaku kejahatan dilakukan melalui media sosial. Bahkan, banyak berkedok KSP yang memberikan pinjaman murah melalui medsos. ”Ingat berhati-hati kalau menemukan iklan di medsos memberikan pinjaman tanpa agunan dengan proses cepat dan bunga murah. Ujung-ujungnya akan diminta transfer sejumlah uang dan seterusnya menghilang.  Saya bukan menakut – nakuti tapi kenyataannya banyak ada.  Bahkan ada koperasi yang membuka cabang di Bali. Setelah diklarifikasi ternyata bodong dan sudah dilaporkan  ke kantor pusatnya,” katanya. (sta)