Sup Batang Keladi, Menikmati Sajian Ala Pedesaan

Gianyar (Bisnis Bali) – Makanan khas Bali khususnya ala pedesaan sudah mulai diangkat menjadi menu favorit oleh industry pariwisata baik restoran sampai hotel-hotel yang ada di Bali. Salah satu sajian kuliner ala pedesaan yang ditemui di salah satu villa di Bali yaitu sup batang keladi.

Dari namanya sup batang keladi mungkin masih aneh di dengar oleh masyarakat terlebih generasi milenial, dikerenakan jenis tumbuhan ini jarang digunakan untuk makanan. Bahkan batang keladi yang digunakan sebagai sup ini bisa membuat gatal pada lidah jika tidak pandai memasak.

Namun demikian sup batang keladi ini malah menjadi menu favorit di restoran yang berada di area Dedary Kriyamaha Ubud by Pramana Experience terlebih bagi wisatawan yang datang menginap.  Chef di Dedary Kriyamaha,I Made Aryana, saat ditemui belum lama ini mengatakan, betang keladi khususnya yang berwarna hitam memang biasa dimakan yang dijadikan masakan khas oleh orang Bali terdahulu. Demikian dikatakannya pihak villa yang ingin mengangkat makan khas masyarakat tersebut menjadi inspirasi pembuatan sup batang keladi ini.

Dikatakannya untuk menjadikan batang keladi ini menjadi makanan yang enak dan tidak menimbulkan efek gatal pada lidah, memang membutuhkan proses dan cara yang tepat sebelum dimasak. Dijelaskannya setelah batang keladi dikupas selajutnya diiris yang kemudian direndam dengan air garam selama 30 menit. Setelah itu diperas hingga 3 kali pemerasan. “Air garam berfungsi untuk menghilangkan getah agar tidak memberikan efek gatal di lidah dan melemaskan batang keladi. Batang keladi yang dipilih adalah batang keladi yang masih muda,” jelasnya.

Selanjutnya batang keladi sudah bisa dimasak. Dijelaskannya, untuk dijadikan sup, batang keladi ini dipadukan dengan bumbu lengkap (bumbu genep) Bali yang terdiri dari kunyit, jahe, lengkuas, sereh dan bawang. Campuran bumbu yang sudah digeprek ini selanjutnya di tumis  dan ditambah kaldu ayam. Selanjutnya batang keladi bisa dicampur kedalam tumisan bumbu yang ditambahkan kaldu ayam serta ditambah merica. Proses memasak dilakukan kurang lebih 30 menit untuk mencapai kematangan sempurna.

Selain batang keladi hitam, batang keladi putih dikatakannya juga bisa digunakan, hanya memerlukan proses yang lebih lama yaitu 5 kali pemerasan. (wid)