LOKAL - Penjualan buah lokal di Pasar Badung Cokroaminoto

Denpasar (Bisnis Bali) – Setelah sebelumnya pasokan buah lokal ramai di pasaran mengikuti musim yang ada,  saat ini keberadaan kian menipis.  Hal ini memberi pengaruh pula terhadap harga jual yang mengalami kenaikan.

Salah seorang pedagang buah di Pasar Badung Cokroaminoto,  Denpasar,  Sang Ayu Anggawati,  Jumat (15/2) kemarin mengatakan, beberapa jenis buah lokal mengalami kenaikan harga, seperti mangga, markisa dan alpukat yang keberadaanya mengikuti musim panen sekali setahun. Diungkapkannya, harga mangga saat ini mencapai Rp35.000 per kilogram dari sebelumnya Rp10.000 hingga Rp15.000 per kilogram.  Kemudian harga markisa saat ini sudah Rp95.000 per kilogram dari sebelumnya Rp30.000 per kilogram.

Dikatakannya,  permintaan dari buah ini cukup banyak, yang saat ini banyak. masyarakat mulai gemar dengan buah lokal,  terutama mangga.  Namun keberadaannya yang mengikuti musim,  membuat jenis buah ini tidak bisa dinikmati sepanjang tahun.  Untuk itu pihaknya lebih memanfaatkan buah impor.

Senada dengan itu, pedagang buah lainnya,  Ni Ketut Ariani mengatakan pasokan buah lokal khususnya yang didapatkan dari Bali memang terbatas saat ini padahal musim buah lokal seharusnya melimpah saat menjelang Hari Raya Nyepi. “Tetapi musim buah kemarin terjadi pada Desember yang pasokan banjir saat itu,” jelasnya.

Dia yang menjual khusus buah lokal ini mengatakan,  saat ini ketersediaan ada, namun tidak seperti saat musim sehingga harga pun mengalami kenaikan.  Seperti halnya alpukat yang dijualanya Rp35.000 per kilogram dari biasanya Rp20.000 per kilogram.  Demikian mangga yang saat ini mencapai Rp35.000 per kilogram,  dari sebelumnya Rp10.000 hingga Rp15.000 per kilogram.  “Alpukat harganya masih belum terlalu signifikan,  karena paling mahal itu bisa Rp45.000 per kilogram.  Itu biasanya terjadi jelang Lebaran,  karena pasokan datang dari Jawa yang musim di Bali sama sekali tidak ada,” ungkapnya.

Khususnya alpukat,  saat ini masih didapatkannya dari daerah Buleleng. Demikian juga mangga. Namuan buah lainnya seperti buah naga didapatkan dari Jawa. (wid)