Denpasar (Bisnis Bali) – DPD Perbarindo Bali melaksanakan pelatihan sertifikasi kompetensi kerja bagi para direktur BPR, Rabu (13/2). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) BPR, sehingga diharapkan kinerja BPR meningkat di masa mendatang.

Ketua DPD Perbarindo Bali, Ketut Wiratjana di sela-sela membuka kegiatan Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Kerja Direktur BPR mengatakan, kegiatan pelatihan sertifikasi ini diikuti oleh 29 direktur BPR se-Bali dan Nusa Tenggara. Pelatihan ini akan berlangsung 13-25 Februari mendatang.

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan angkatan pertama di tahun 2019. Pada tahun sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan yang sama yang diikuti oleh perwakilan dari BPR. Hal ini mulai dari jajaran direksi maupun komisaris BPR yang ada di Bali dan Nusa Tenggara.

Wiratjana memaparkan, kegiatan pelatihan sertifikasi ini dilaksanakan mengacu pada peraturan Otoritas Jasa Keuangan. Pengurus BPR wajib mempunyai  kelulusan dari sertifikasi. Direksi BPR yang sudah habis masa berlaku sertifikasinya harus mengikuti penyegaran kembali atau kegiatan sertifikasi.

Menurutnya, bagi calon direksi yang akan menjadi pengurus BPR juga wajib mengikuti sertifikasi. Kegiatan pelatihan sertifikasi kompetensi ini dilaksanakan oleh Perbarindo bekerja sama dengan LSP-LKM Certif.

Wiratjana menegaskan, melalui kegiatan pelatihan nantinya akan bermuara pada peningkatan kualitas SDM BPR, termasuk dalam penguatan permodalan, penguasaan teknologi yang sehingga diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan BPR ke depan.

Sementara itu, perwakilan dari OJK Bali Nusra, Nyoman Hermanto Darmawan mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh Yayasan Perbarindo Bali dalam rangka peningkatan mutu SDM BPR. Melalui kegiatan sertifikasi direktur diharapkan, tata kelola BPR ke depan bisa lebih baik dan produktivitas bisa meningkat, termasuk pemahaman tentang manajemen risiko bagi pengurus BPR.

Hermanto Darmawan menegaskan, kegiatan sertifikasi direksi BPR akan dapat meningkatkan kinerja BPR ke depan. Terkait penguatan modal inti BPR, ia selalu mendorong para pemegang saham untuk meningkatkan modal inti demi pertumbuhan usaha masing-masing BPR.

Pelatihan sertifikasi kompetensi kerja bagi para direktur BPR akan diisi dengan berbagai materi seperti manajemen kepemimpinan, tata kelola perusahaan, analisa keuangan dan non-keuangan. Tutor atau fasilitator  kegiatan sertifikasi direksi merupakan pengurus DPD Perbarindo Bali. (kup/adv)