Mangupura (Bisnis Bali) – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melantik pejabat eselon III dan Eselon IV serta pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, di Kerta Gosana Puspem Badung, Rabu (13/2) kemarin. Selanjutnya dalam waktu dekat juga akan dilakukan mutasi sejumlah pejabat setingkat kepala dinas untuk mengisi jabatan yang masih lowong.

Bupati Giri Prasta mengatakan, mutasi sebuah jabatan merupakan hal yang wajar untuk melakukan penyegaran dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. “Rotasi dilakukan sebagai hal wajar dan untuk PNS berkarier,” kata Giri Prasta yang ditemui usai pelantikan.

Selain mutasi untuk promosi jabatan, Pemerintah Kabupaten Badung juga tidak menutup kemungkinan akan melakukan degradasi terhadap sejumlah jabatan. Degradasi bisa diberlakukan jika para pejabat tidak bekerja maksimal dalam melayani masyarakat sebagaimana fakta integritas yang telah ditandatangani oleh pejabat bersangkutan. “Suatu saat nanti ada degradasi itu bukan keputusan Giri Prasta. Tetapi keputusan itu sesuai pakta integritas yang sudah ditandatangani di materai,” kata mantan Ketua DPRD Badung ini.

Sebagaimana diketahui, sejumlah jabatan eselon II setingkat kepala dinas di sejumlah dinas saat ini masih lowong karena sang pejabat telah purnatugas. Di antaranya kursi kepala Dinas Pertanian dan Kursi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, yang saat ini dijabat oleh pelaksana tugas. Untuk melakukan pengisian jabatan tersebut, kata Bupati telah berproses. “Untuk eselon II kita sedang berproses. Kita sudah bersurat kepada ASN untuk meminta rekomendasi. Astungkara Februari ini sudah rampung semua,” tegas Bupati.

Pada pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, terhadap 184 pegawai, yakni pejabat administrator 40, pejabat pengawas 66, dan pejabat fungsional tertentu 78 orang. Ada pun sejumlah pejabat yang dimutasi di antaranya, Camat Petang dijabat oleh Drs. I Gede Eka Sudarwitha, S.Sos dari jabatan sebelumnya sebagai Sekretaris Camat Petang, Camat Kuta Rudiarta sebelumnya menjabat sebagai sekretaris Camat Kuta Selatan. Selain itu sejumlah sekretaris dinas juga diisi oleh pejabat baru, di antaranya, Sekretaris Dinas Sosial, Sekretaris Badan Kesbang, Sekretaris Disdikpora dan Sekretaris Dinas Kebudayaan. (sar)