Dispar Bangli Mantapkan Pembinaan Pokdarwis Bukit Twin Hill

Kebun binatang mini jadi salah satu objek ditawarkan Pokdarwis Bukit Twin Hill

Bangli (Bisnis Bali) –
Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Bangli kian memantapkan pembinaan pokdarwis Bukit Twin Hill, Banjar Guliang Kawan, Desa Bunutin. Upaya tersebut sebagai persiapan dalam menghadapi penilaian lomba desa wisata tingkat Provinsi Bali yang akan dilaksanakan pada April mendatang.
Kabid Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Bangli, I Wayan Merta., S., Sos., MM, Selasa (12/2) mengungkapkan, pokdarwis Bukit Twin Hill ini akan mewakili Kabupaten Bangli dalam lomba tingkat Provinsi Bali. Terkait itu imbuhnya, telah memantapkan pembinaan khususnya menyangkut adiministrasi, fisik hingga struktur organisasi.
“Sebelumnya untuk penetuan pokdarwis yang mewakili Kabupaten Bangli ini sudah dilakukan seleksi dari 27 pokdarwis yang ada di Bangli saat ini. Selain itu, pemilihan pokdarwis Bukit Twin Hill ini juga untuk mencegah kemonotunan, mengingat sebelumnya obyek wisata yang mewakili Bangli hanya terfokus di Kecamatan Kintamani saja,” tuturnya.
Jelas Merta, Bukit Twin Hill sendiri memiliki nilai lebih atau keunikan tersendiri dibandingkan dengan obyek wisata yang ada di Kabupaten Bangli selama ini. Paparnya, itu tercermin dari fasilitas dan pemandangan yang ditawarkan oleh obyek wisata terletak perbatasan antara Kabupaten Gianyar dan Bangli ini.
“Ketika datang di Bukit Twin Hill, wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan alam pulau Bali yang eksotis. Dari puncaknya, bisa menyaksikan hamparan sawah, pemukiman, hingga laut,” ujarnya.
Sambungnya, Twin Hill bisa dibilang menjadi tempat yang strategis untuk menikmati pemandangan alam, bahkan dari ketinggian bisa samar-samar melihat Pulau Nusa Penida yang berada di seberang lautan. Selain itu, pada obyek tersebut juga dilengkapi dengan beragam suguhan kuliner, kebun binatang mini.
Sementara itu, jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Bukit Twin Hill ini sudah mencapai ribuan wisatawan per bulan. Katanya, Sabtu dan Minggu rata-rata jumlah kunjungan wisatawan yang datang bisa mencapai 300-600 orang.
“Sebagian wisatawan yang datang ke pokdarwis Bukit Twin Hill ini adalah domestik” tandasnya.*man