Widia Astika: Tak Mungkin Samakan Sekolah Swasta dan Negeri

Mangupura (Bisnis Bali) – Kepala Disdikpora Badung Ketut Widia Astika yang dikonfirmasi membenarkan ada surat dari Forum Komunikasi Kepala SMP Swasta di Badung.

Menurutnya, tidak mungkin pemerintah memperlakukan sekolah swasta sama dengan negeri. Namun, pihaknya di Badung mengaku sudah berupaya membantu sekolah swasta. Salah satunya adalah dengan menaikkan bantuan dana BOS.

“Kalau (sekolah swasta) minta sama sekali (dengan sekolah negeri)  tidak mungkinlah. Sekolah swasta kan didirikan oleh yayasan. Upaya kita dana BOS untuk anak swasta sudah dinaikkan,” ujarnya.

Mengenai bantuan sarana dan prasarana yang diharapkan kepala sekolah wasta, menurut Astika, bisa saja pemerintah membantu. Hanya yayasan harus memohon ke pemerintah. “Untuk fasilitas kalau dia mohon, bisa saja dapat,” tegas Astika.

Kemudian untuk perekrutan siswa, pejabat asal Kuta Utara ini menyebut, tidak semua sekolah swasta kekurangan murid. Beberapa sekolah swasta bahkan ada yang menolak siswa karena penuh. “Kalau untuk penerimaan murid, tidak semua sulit kok. Ada kekurangan dan ada yang tidak kekurangan murid. Karena kalau kualitasnya bagus pasti dicari masyarakat. Bagi yang kurang murid berarti perlu dibenahi segala lininya,” tukas Astika. (sar)