460 Pesilat akan Ramaikan IPSI Tabanan Cup III

I Putu Eka Putra Nurcahyadi

Tabanan (Bisnis Bali) –
460 atlet dipastikan akan ikut meramaikan kejuaraan Ikatan Pencak Silat Indoensia (IPSI) Kabupaten Tabanan Cup III yang akan digelar di Gor Debes pada 13-16 Februari mendatang. Ajang tahunan yang diikuti para atlet pencak silat terdiri dari tingkat SD, SMP dan SMU ini sekaligus untuk mencari bibit tangguh untuk Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) dan Porprov 2019.
Ketua IPSI Tabanan, I Putu Eka Putra Nurcahyadi, Senin (11/2) mengungkapkan, 460 atlet tersebut terdiri dari 67 atlet tingkat SD dari 9 Kecamatan di Tabanan dengan mempertandingkan di 10 nomor kejuaraan. Selain itu, 248 atlet tingkat SMP dari 29 SMP yang akan bertanding di 18 nomor, sedangkan untuk tingkat SMA diikuti 145 atlet dari 20 sekolah dan akan mempertandingkan 17 kelas.
“Ditingkat SD, untuk Kecamatan Selemadeg Barat tidak mengikutkan atletnya pada IPSI Cup III tahun ini. Itu disebabkan di kecamatan paling Barat di Tabanan ini memang dari dulu tidak banyak ada bibit pesilat,” tuturnya.
Jelas Eka, dari ajang IPSI Cup III ini sekaligus jadi upaya untuk menjaring pesilat-pesilat handal guna melanjutkan regenerasi pesilat senior yang sudah ada. Selain itu, sebgai upaya untuk terus mengembangkan olahraga silat untuk mendongkrak prestasi Tabanan di bidang olahraga dalam berbagai event, itu seiring dengan potensi Tabanan yang sangat bagus.
“Terlebih sebentar lagi Tabanan akan menjadi tuan rumah Porprov Bali 2019, kita berharap atlet-atlet ini mampu menunjukkan kemampuan ditingkat nasional maupun internasional,” lanjut pria yang juga Ketua Komisi I DPRD Tabanan tersebut.
Sambungnya, pada ajang IPSI Cup III Tabanan ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Yakni, nanti para pesilat akan memperebutkan penghargaan piala bergilir Bupati Tabanan untuk tingkat SMA, dan piala bergilir Koni untuk tingkat SMP. Sementara untuk SD akan memperebutkan piala bergilir IPSI Tabanan.*man