Permudah Akses Keuangan, BPD dan LPD Rancang Kerja Sama

Bangli (Bisnis Bali) – Tahun 2019, PT Bank BPD Bali akan merancang sebuah kerja sama terintegrasi dengan LPD untuk memberikan layanan keuangan yang lebih mudah kepada masyarakat. Kerja sama yang memanfaatkan  layanan digital ini nantinya diharapkan akan membantu masyarakat dalam melakukan transaksi dan mengakses keuangan.

Direktur Operasional PT Bank BPD Bali, IB Setia Yasa, S.Kom., M.Kom. pada sebuah acara di Bangli belum lama ini mengatakan,  keberadaan LPD yang berjumlah 1.433 tersebar di seluruh Bali ini menjadi kekuatan ekonomi masyarakat hingga ke pelosok. Keberadaan LPD ini tentu harus mampu memberikan layanan optimal kepada masyarakat.

“Kerja sama LPD dan BPD adalah suatu inisiasi yang akan kita lakukan tahun 2019. Ini terkait dengan layanan transaksi digital banking. Kita harapkan LPD dalam hal ini sebagai lembaga keuangan yang dikecualikan, itu kita bisa optimalkan,” katanya.

Nasabah-nasabah LPD bisa disinergikan dengan nasabah BPD untuk bisa melakukan transaksi selayaknya nasabah bank, ada layanan laku pandai dan sebagainya. Beberapa program yang dimiliki BPD pun akan bisa disinergikan dengan LPD. “Keterbatasan LPD  itu kan menyiapkan infastuktur dan SDM di bidang IT. Kita memiliki kekuatan di sana, itu yang akan kita dorong sehingga dengan demikian inklusi keuangan kepada masyarakat di desa melalui jaringan LPD yang notabena disiapkan oleh layanan BPD Bali,” terangnya

Contohnya, yang sudah pasti dan sudah berjalan  yaitu LPD bisa menjadi downline BPD dalam layanan pembayaran pajak, PHR, samsat dan sebagainya. Akses layanan kuangan masyarakat akan lebih mudah. Demikian juga jika masyarakat ingin mengirim uang ke luar daerah tidak akan perlu pergi mencari BPD atau bank-bank lainnya, namun sudah bisa datang ke LPD terdekat.

Kerja sama ini dikatakannya akan saling menguntungkan. LPD akan menjadi jaringan BPD yang ada di desa-desa, demikian juga LPD akan mendapatkan hasil dari setiap transaksi yang dilakukan nasabah. Hal ini akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Badan Kerja Sama (BKS) LPD dan Lembaga Kerjasama (LP) LPD Bali, termasuk juga dengan Bank Indonesia dan OJK. (wid)