Denpasar (Bisnis Bali) – Fokus terhadap pengurangan sampah plastik, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali melakukan kegiatan “Save Mangrove from Plastic” melalui pembersihan kawasan Hutan Mangrove Ngurah Rai, Jumat (8 Februari 2019). Kegiatan ini melibatkan 400 peserta meliputi karyawan PLN UID Bali, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Denpasar, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Bali Nusa Tenggara, Karang Taruna Denpasar, SMAN 5 Denpasar, dan SMKN 2 Denpasar.

General Manager PLN UID Bali Nyoman Suwarjoni Astawa menyampaikan kegiatan ini merupakan lanjutan dari program bebas sampah plastik yang digagas PLN pada saat Hari Listrik Nasional ke-73, 27 Oktober 2018 silam.
“Kami mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan membiasakan pegawai untuk membawa botol minum dan tidak membawa kantong plastik di lingkungan kantor,” ujar Astawa.

Astawajuga menyampaikan, kegiatan membersihkan lingkungan akan konsisten dijalankan. Pihaknya pun akan mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi sampah plastik. “Apa yang kami lakukan hari ini belumlah bermanfaat, walau kita bersihkan setiap hari pun sampah plastik disini masih ada. Dengan itu kita harus mencarikan solusi terhadap penyebab terjadinya sampah tersebut,” katanya.

Selain terjun langsung untuk membersihkan sampah plastik, pihaknya pun akan menggelar diskusi untuk menangani permasalahan ini lebih serius lagi. “Kami akan mengajak para pemerhati lingkungan untuk berdiskusi untuk mencari solusi untuk menangani permasalahan sampah tersebut,” terangnya.

Tidak hanya melakukan pembersihan kawasan mangrove, PLN UID Bali juga memberikan tong sampah kepada BPT Tahura Ngurah Rai. *wid