Gianyar (Bisnis Bali) – Gerakan Hatinya ( Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) PKK tidak hanya mampu membuat indah pekarangan rumah, namun bisa memberi manfaat pada pemilik rumah. Gianyar yang  terkenal sebagai daerah seni mampu menata tanaman TOGA menjadi sebuah taman yang sangat asri. Hal ini ditegaskan Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster kala mengunjungi rumah pasangan I Made Sudarsana dan Ni Ketut Sinar Arianti, di Br. Bangkiang Sidem Desa Keliki Payangan Gianyar, sebagai rumah contoh Hatinya PKK , dalam rangka Harmonisasi Sinkronisasi program Pokok PKK tahun 2019 di Kabupaten Gianyar, Kamis (7/2).

Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra, Ketua TP PKK Provinsi Ny. Putri Suatini Koster tidak henti-hentinya mengagumi keanekaragaman jenis tanaman di halaman rumah milik Ni Ketut Arianti. Semua jenis tanaman dapur seperti tanaman empon – empon, sayuran hingga tanaman obat- obatan lengkap tertata seperti sebuah taman.

Hal ini memang seperti yang diharapkan dalam konsep Hatinya PKK. Seperti ditegaskan Ny. Putri Suatini Koster, menurutnya, konsep tanaman  tidak harus bernuansa taman yang penuh dengan bunga. Namun bagaimana bisa membuat taman yang yang indah tapi dengan jenis tanaman yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari.

“ Saya sangat kagum dengan kepiawaian masyarakat di Desa Keliki, mereka mampu menata taman namun dengan jenis tanaman toga,  sayur, dan lainnya yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari. Inilah yang saya harapkan, agar apa yang indah ini bisa di tularkan pada masyarakat sekitar,” tegas Ny. Putri Suastini Koster.
Ia tidak ingin gerakan seperti ini hanya untuk 1 atau 2 rumah percontohan di saat lomba PKK saja melainkan bisa diterapkan secara merata hingga semua pekarangan masyarakat Bali. Diharapkan kurun waktu 2 hingga 3 tahun ke depan pekarangan rumah di Bali menjadi asri dan bermanfaat.

Sementara itu Ketua TP PKK kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan program Hatinya PKK sudah bersinergi dengan program di masing-masing OPD terkait di Lingkungan Pemkab Ganyar. Seperti Dinas Lingkungan Hidup dan DKPKP Kab Gianyar, dalam upaya pelestarian lingkungan bersama-sama dengan anggota TP PKK kabupaten, kecamatan maupun desa berupaya melestarikan lingkungan dengan pemberian bantun bibit pohon dan pengolahan sampah anorganik.
Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster juga memberikan bantuan sebesar Rp 27 juta, dimana sebanyak Rp 15 juta untuk bantuan rumah contoh Hatinya PKK dan Rp 12 juta dana bantuan PMT untuk balita dan lansia.
Selain mengunjungi rumah contoh Hatinya PKK, rombongan yang juga dihadiri Wakil Ketua 1 TP PKK kabupaten Gianyar Ny. Diana Agung Mayun, ketua DWP kab. Gianyar Ny. Dwikorawati Wisnu Wijaya, Ketua Gatriwara Gianyar, Ny. Tagel Winarta dan beberapa OPD terkait di lingkungan Pemkab Gianyar juga berkesempatan mengunjungi UP2K di Br. Keliki Tegallalang yang mengolah produk ramah lingkungan untuk berbagai kerajinan. (kup)