Wabup Sanjaya Kukuhkan Prajura Desa Pekraman dan Paiketan Kota Tabanan

Wabup Sanjaya ucapkan selamat kepada para prajuru yang baru

Tabanan (Bisnis Bali) –
Wakil Bupati (Wabup) Tabanan, Dr., I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, menghadiri sekaligus mengukuhkan Prajuru Desa Pekraman Kota Tabanan dan Prajuru Paiketan Sekaa Teruna Desa Pekraman Kota Tabanan periode 2018 – 2023, di Wantilan Desa Pekraman Kota Tabanan, Rabu (6/2). Turut hadir pada acara tersebut, Cokorda Anglurah Tabanan, Begawanta Puri, Ida Peranda Griya Gede Pasekan, OPD terkait, Camat Tabanan Arya Suta, Perbekel se-kec.Tabanan serta tokoh masyarakat.
Wabup Sanjaya dalam sambutannya mengucapkan selamat atas di kukuhkannya para prajuru yang baru dan mengapresiasi berbagai kemajuan pembangunan yang dilakukan pengurus sebelumnya. Yakni, I Gede Wayan Samba yang di gantikan oleh I Gusti Gede Ngurah Siwa Gentha yang berasal dari Banjar Jambe Belodan, Dauh Peken.
Terangnya, di era peradaban modern yang dilengkapi dengan teknologi canggih pesatnya ilmu pengetahuan serta sarana komunikasi yang serba muktahir, merupakan tantangan berat, bagi Prajuru Desa Pekraman di dalam menjalankan pembangunan. Sebagai daerah yang sedang membangun cita-cita nasional, imbuhnya tidak boleh berdiam diri, karena tidak dapat menghindarkan diri akibat perubahan global.
“Makin pesat dan canggihnya mobilitas, sehingga mengharuskan kita bekerja dengan cepat. Prajuru yang baru harus mampu meningkatkan kesejahteraan krama Kota Tabanan, karena itu merupakan salah satu visi Pemerintah Kabupaten Tabanan. Yaitu, membangun masyarakat yang Serasi merupakan pilihan yang tepat di era sekarng ini,“ tegasnya.
Wabup Sanjaya menegaskan, untuk mewujudkan masyarakat Tabanan yang sejahtera aman dan berprestasi, maka seluruh komponen yang ada di Tabanan harus bersatupadu, bahu membahu, mengelola perbedaan menjadi kebersamaan agar tidak terpecah belah. Harapannya, seluruh prajuru yang dikukuhkan, bisa bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat.
“Melalui pengukuhan ini, saya harapkan agar prajuru desa dan prajuru paiketan dapat melaksanakan tugas dan fungsi yang berintegritas serta mampu beradaptasi dalam rangka membangu Kabupaten Tabanan melalui pelestarian Tri Hita Karana,” pungkasnya.
Sementara itu, Bendesa Adat Kota yang baru, Siwa Gentha mengucapakan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk dapat memimpin dan melanjutkan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh bendesa sebelumnya. “ Mari kita tetap bersama-sama untuk membangun Kota Tabanan menuju Kota Tabanan yang lebih baik,” tegasnya.
I Gede Wayan Samba selaku mantan Bendesa Adat DP. Kota Tabanan, juga mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang di berikan selama ini. Akuinya, selama lima tahun menjalankan tugas ini, sudah barang tentu banyak kekurangan dan kesalahan yang dilakukan dalam menjalankan amanat sebagai bendesa adat. Semoga kedepan semakin lebih baik dan tetap menjaga kearifan lokal.*man