TOSS - Walikota Tegal H. M. Nursholeh dan rombongan didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau TPA Sente yang dialihfungsikan menjadi TOSS dan IPLT Lepang. 

Semarapura (Bisnis Bali) – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Asisten Administrasi Umum I Wayan Sumarta menerima kunjungan Pemerintah Kota Tegal yang dipimpin langsung Walikota Tegal H. M. Nursholeh guna mengetahui secara langsung mengenai program inovasi TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) Gema Santi. Rombongan diterima di Ruang 4apat Kantor Bupati Klungkung.

Dalam kunjungannya, Walikota Tegal H. M. Nursholeh menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Klungkung beserta jajarannya yang telah memberikan kesempatan kepada Pemkot Tegal untuk belajar program inovasi Pemkab Klungkung mengenai pengelolaan sampah yang efektif, efisien, dan dapat menghasilkan output yang luar biasa berguna, di antaranya sebagai bahan bakar untuk listrik, kompos, dan lain sebagainya. “Kami sudah melihat proses pengelolaan sampah yang dimiliki dan pemanfaatan pelet sebagai bahan bakar listrik,” ujar Nursholeh.

Ditambahkannya, ke depan pihaknya akan menginstruksikan kepada dinas terkait untuk menindaklanjuti kunjungan kerja kali ini. “Seluruh daerah di Indonesia dapat mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Klungkung,” sebutnya.

Sementara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan mudah-mudahan dengan adanya kunjungan kerja yang ke sekian kalinya ini dapat lebih memotivasi lagi untuk mewujudkan cita-cita besar Pemkab Klungkung, yakni menjadikan sampah sebagai energi terbarukan. Bupati Suwirta berharap di Kabupaten Klungkung tidak akan ada sampah lagi. “Saya yakin dengan komitmen yang baik dan berkelanjutan, masalah sampah akan bisa diatasi,” ungkap Bupati Suwirta.

Dalam kunjungan Kerja tersebut, rombongan Pemkot Tegal diajak mengunjungi lokasi TPA Sente yang dialihfungsikan menjadi TOSS dan IPLT Lepang. (dar)