DANA PEMBANGUNAN - Penyerahan dana pembangunan oleh Kepala LPD Desa Pakraman Akah, Dewa Ayu Agustina Delling (kiri) kepada bendesa adat.

Semarapura (Bisnis Bali) – Dalam laporan tutup buku tahun 2018,  LPD Desa Pakraman Akah menyerahkan dana pembangunan kepada desa pakraman memcapai Rp90 juta. Kegiatan yang digelar di Balai Desa Akah beberapa waktu lalu dibarengi dengan gebyar undian berhadiah.

Kepala LPD Desa Pakraman Akah, Dewa Ayu Agustina Delling, megatakan, gebyar undian berhadiah diperuntukan kepada nasabah pemilik simpanan dan kredit. Hadiah yang diundi berupa uang tunai dengan nominal dari Rp100.000 hingga Rp2 juta. “Hadiah tersebut dalam bentuk rekening tabungan diserahkan langsung kepada 14 orang nasabah yang beruntung,” ungkapnya.

Laba yang mampu diperoleh LPD Desa Pakraman Akah pada akhir tahun 2018 mencapai Rp450 juta, naik Rp100 juta dari tahun sebelumnya. Adapun aset yang dimiliki yaitu Rp17,3 miliar, meningkat dari tahun 2017 yang tercatat hanya Rp14,7 miliar.

Demikian dana pihak ketiga (DPK) yang mampu dihimpun LPD Desa Pakraman Akah hingga akhir 2018 yaitu Rp6,4 miliar berupa tabungan dan Rp9,4 miliar berupa deposito. Angka ini pun mengalami kenaikan dari tahun 2017, yang tercatat jumlah tabungan hanya Rp5,6 dan jumlah deposito Rp7,9 miliar. Sementara kredit yang mampu disalurkan, yaitu mencapai Rp11,3 miliar.

Atas pencapain tersebut, pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah mempercayai LPD dalam penyimpanan ataupun kebutuhan dana selama ini. Dia berharap kedepannya keberadaan LPD kian berkembang dan mampu menjadi tumpuan perekonomian bagi masyarakat. Meskipun LPD Desa Adat Akah belum termasuk LPD yang besar dan berada di daerah, dia mengatakan dengan dukungan masyarakat dan kinerja yang maksimal akan mampu mengembangkan LPD ke depannya, serta mampu menyejahterakan masyarakat. (wid)