PISAH SAMBUT- Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta (tengah) bersama Letnan Kolonel Kav. Jacob Janes Patty (dua dari kiri) dan Letkol CZI. Paulus Joni Simbolon (dua dari kanan) beserta istri dalam acara pisah sambut Dandim 1610 Klungkung.

Semarapura (Bisnis Bali) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung menggelar pisah sambut Komandan Kodim  (Dandim)  1610 Klungkung bertempat di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri Kanya. Letnan Kolonel Kav. Jacob Janes Patty yang telah menjabat hampir genap 2 tahun ini digantikan oleh Letkol CZI. Paulus Joni Simbolon. Turut hadir Wabup Made Kasta, Raja Klungkung Ida Dalem Semaraputra, Sekda Gede Putu Winastra, serta unsur pimpinan DPRD Klungkung.

I Nyoman Suwirta mengucapkan terima kasih kepada Letnan Kolonel Kav. Jacob Janes Patty atas pengabdian dan kerja sama yang terjalin selama bertugas di Klungkung. Berkat kerja sama yang baik semua pihak, situasi di Kabupaten Klungkung selama ini telah berjalan kondusif serta cukup aman dan damai. “Kami berharap supaya tetap terjalin sinergi dalam menjaga Klungkung meski sudah tidak bertugas di Klungkung,” ujar Bupati Suwirta. Ke depan Pemkab Klungkung dan Kodim 1610 akan bekerja sama dalam pembuatan rumah untuk keluarga miskin.

Sementara itu kepada Letkol CZI. Paulus Joni Simbolon, Bupati Suwirta mengucapkan selamat datang di Kabupaten Klungkung. Dirinya yakin Dandim yang baru sudah memiliki strategi dalam menciptakan kedamaian di Kabupaten Klungkung sejalan dengan program aksi gema santi. “Klungkung adalah salah satu kabupaten yang tergolong aman dan damai, terbukti lima tahun kepemimpinan saya dan Wabup Made Kasta, Klungkung telah 4 kali berturut-turut meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Mari kita berkolaborasi membangun Klungkung sehingga senantiasa tercipta suasana aman dan damai,” ajaknya.

Kolonel Kav. Jacob Janes Patty dalam sambutannya mengatakan Klungkung sebagai kabupaten yang  aman. Kolonel Kav. Jacob Janes Patty yang selanjutnya akan menjabat sebagai Kasrem 163 Wirasatya di Korem Denpasar ini mengaku terkesan dengan kerja sama dan kesigapan semua pihak di Klungkung saat menangani para pengungsi erupsi Gunung Agung. “Kerja sama semua pihak saat menangani pengungsi Gunung Agung sangat luar biasa dan saya sangat terkesan, sehingga para pengungsi dapat tertangani dengan baik. Kerja sama pemerintah, FKPD  dan masyarakat juga terjalin baik sehingga tercipta rasa aman dan damai,” ungkap Kolonel Kav. Jacob Janes Patty.

Ditambahkan, berkat kerja sama yang baik pula Kodim 1610 Klungkung meraih peringkat Kodim terbaik se-Indonesia. Menurutnya, Klungkung yang rutin memperoleh prestasi di tingkat nasional telah memberikan vibrasi sehingga Kodim yang dipimpinnya ikut memperoleh penghargaan di tingkat nasional.

Letkol CZI. Paulus Joni Simbolon juga mengaku terkesan dengan Bumi Serombotan ini. Berdasarkan penelusurannya, Klungkung sebagai salah satu kabupaten yang luar biasa, memiliki masyarakat yang ramah di samping berbagai prestasi yang telah diraih selama ini. “Semoga bisa meneruskan program Dandim sebelumnya, dan mohon dukungan semua pihak dalam menjalankan tugas di Kabupaten Klungkung,” ujar Perwira kelahiran Medan, 8 Februari 1979 ini.  (dar)