Tabanan (Bisnis Bali) – Fasilitas sosial dan umum ( fasos dan fasum) yang tersedia di kawasan perumahan menentukan prospek investasinya ke depan. Karena itu investor yang berencana membeli produk properti baru atau rumah sewa mesti memperhatikan hal tersebut. Demikian diungkapkan Marketing Kharisma Properti, Andini, Selasa (5/1).

Dikatakan, fasos dan fasum yang memedai akan memberi kenyamanan bagi penghuni perumahaan di satu kawasan. Misal tersedia fasilitas taman bermain, sistem pembuangan limbah yang baik, sistem keamanan, serta fasilitas pasar, rumah sakit, sekolah , dan lainnya di kawasan perumahaan akan memberikan dampak ekonomi dan sosial yang baik bagi penghuni perumahaan. ” Yang pasti dengan kondisi tersebut perkembangan ekonomi di kawasan itu akan cepat berkembang sehingga mempengaruhi prospek harga rumah,” ujarnya.

Menurutnya, bagi pemodal yang jeli memilih membeli produk investasi di kawasan ini akan lebih menjanjikan dibandingkan kawasan yang sepi aktivitas ekonomi. Memang dari sisi harga akan lebih mahal bahkan berlipat dibandingkan kawasan biasa. Kemampuan finansial investor yang kuat kecenderungan akan memberikan manfaat yang besar pula dalam berinvestasi. Tak salah memang kalau berbisnis atau berinvestasi properti dengan modal yang besar akan lebih bisa memilih properti berkelas pun prospek investasinya yang menjanjikan pula. (gun)