LITERASI - Kegiatan edukasi dan literasi keuangan yang dilaksanakan DPK Perbarindo Badung, Senin (4/2) bertempat di Wantilan Pura Dalem Gede Desa Adat Dalung.

Mangupura (Bisnis Bali) – DPK Perbarindo Badung melaksanakan edukasi dan literasi keuangan bertempat di Wantilan Pura Dalem Gede Desa Dalung, Senin (4/2). Kegiatan edukasi yang diikuti para pengurus dan segenap karyawan bank perkreditan rakyat (BPR) yang ada di wilayah Kabupaten Badung bertujuan meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat Desa Adat Dalung.

Ketua DPK Perbarindo Badung, Agus Prima Wardana di sela-sela kegiatan edukasi dan literasi keuangan mengatakan, kegiatan edukasi diawali dengan persembahyangan bersama para pengurus DPK Perbarindo Badung serta segenap karyawan BPR yang ada di wilayah Badung. Persembahyangan di Pura Dalem Gede Dalung bertepatan dengan rahina tilem.

Ia menjelaskan, program edukasi dan literasi ini merupakan program nasional yang dilaksanakan sejak 2017. DPK Perbarindo telah melaksanakan program tersebut dengan berbagai model. Kali ini dilaksanakan di wilayah Desa Dalung yang dirangkaikan dengan dharma wacana dari Ketua PHDI Badung.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan bidang keuangan khususnya bagi masyarakat di Desa Dalung sehingga terhindar dari hal-hal yang merugikan terkait masalah keuangan seperti investasi bodong. Selain itu kegiatan edukasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat di Kabupaten Badung khususnya.

Agus Prima Wardana menegaskan, sesuai dengan program arahan pemerintah bahwa ke depan melalui edukasi makin banyak masyarakat menjadi konsumen perbankan salah satunya industri BPR. “Ke depan, BPR akan terus menawarkan program ke masyarakat sehingga BPR makin dikenal dan dipercaya oleh masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bendesa Desa Adat Dalung, I Nyoman Widana didampingi Perbekel Desa Adat Dalung, Putu Gede Arif Wiratya menyampaikan terimakasih dengan kegiatan yang dilaksanakan DPK Perbarindo Badung. Kegiatan ini merupakan bentuk program sinergitas antara desa adat dan dinas dan untuk kali ini difasilitasi DPK Perbarindo Badung.

Nyoman Widana berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya di bidang inklusi keuangan. Selain mendapatkan pemahaman masalah keuangan, masyarakat Desa Adat Dalung mendapatkan pencerahan melalui dharma wacana dari PHDI Badung terkait catur brata penyepian.

Setelah dharma wacana dari Ketua PHDI Kabupaten Badung I Gede Rudia Adiputra, masyarakat Desa Adat Dalung mendapatkan pemaparan terkait edukasi dan literasi keuangan  yang disampaikan Wakil Ketua DPD Perbarindo Bali Bidang Pendidikan dan SDM, Gusti Ngurah Gede Budiawan. (kup)