Amlapura (Bisnis Bali) – Ketua DPRD Karangasem I Nengah Sumardi, S.E., M.Si., Minggu (3/2) melepas ribuan peserta jalan santai dalam rangka HUT LPD Desa Sibetan. Sumardi yang juga tokoh masyarakat Desa Sibetan, diundang panitia HUT ke-28 LPD dengan aset terbesar atau nomor satu di Kabupaten Karangasem itu.

Pelepasan peserta ditandai dengan pengibasan bendera khas Bali dan pelepasan balon ke udara. Peserta jalan santai sehat menempuh jarak sekitar lima km, dari lapangan SMPN 1 Bebandem di Desa Jungutan dan kembali ke SMP setempat.

Sebagai Ketua DPRD Karangasem, Sumardi menyampaikan terimakasih kepada pihak manajemen LPD Sibetan. Sebab, sudah rutin menggelar kegiatan, seperti jalan santai sehat. Semua kegiatan itu bertujuan memotivasi masyarakat dalam bekerja keras, guna meningkatkan pertumbuhan perekonomian, khususnya pada krama Desa Pakraman Sibetan dan kalau bisa meluas di Kabupaten Karangasem. Dengan adanya LPD itu, sudah sangat dirasakan tak hanya kontribusinya kepada masyarakat Sibetan. “Masyarakat termotivasi bekerja keras, serta menabung, di samping juga tentunya bisa mencari modal usaha di LPD. Modal bisa didapatkan dengan mudah, tanpa persyaratan yang menyulitkan,” katanya.

Sementara manfaat  lainnya, karena ketentuannya sebesar 20 persen keuntungan LPD mesti disetor kepada desa pakraman dan  itu sudahterlaksana sejak lama. Pihak manajemen LPD Sibetan tahun lalu dari informasi yang didapatnya, memberikan pemasukan tak kurang dari Rp 800 juta. Dengan kontribusi itu, akan meringankan beban krama Desa Sibetan terkait pembangunan fisik maupun pembangunan spiritual, seperti menggelar upakara di wilayah desa. “Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan pihak LPD Sibetan. Tak hanya berorientasi kepada peningkatan keuntungan, tetapi juga sangat penting pula bagaimana mampu meotivasi masyarakat untuk bekerja keras, membangun usaha, lebih kreatif. Di wilayah Desa Sibetan terkenal dengan hasil salaknya, dan potensinya masih sangat besar untuk ditingkatkan guna lebih mensejahterakan masyarakat dari petani sampai pengolah dan pemasar produksi salak,” kata Sumardi.

Sumardi berharap ke depan, LPD Sibetan terus maju dan terus memotivasi masyarakat, serta memberikan pelayanan yang terbaik. Tujuannya, ke depan keuntungannya LPD terus meningkat, dan bila perlu memperluas usaha, dalam rangka ikut membantu Pemkab Karangasem membuka atau menciptakan lapangan kerja yang baru.

Di lain pihak, Kepala LPD Sibetan, Drs. I Made Mastiawan  menyampaikan terimakasih atas kesediaan Ketua DPRD Karangasem yang juga tokoh masyarakat desa setempat hadir, berbaur dengan masyarakat dalam rangka merayakan HUT ke-28 LPD tersebut. Kehadiran Ketua DPRD Karangasem tentunya menjadi motivasi dari kalangan masyarakat, serta nasabah LPD dari semua kalangan usia dan  profesi.

Mastiawan mengakui, tahun 2018, LPD yang dipimpinnya memperoleh keuntungan Rp 3,5 miliar. Besar laba itu meningkat sekitar 10 persen dari tahun sebelumnya. Dengan peningkatan keuntungan, besar setoran dari persentase sebesar 20 persen meningkat. ‘’Tahun lalu kami menyetor bagian Rp 800 juta ke desa pakraman. Kontribusi LPD itu selain untuk biaya pembangunan fisik, seperti perbaikan kahyangan tiga serta pasarananya, juga untuk anggaran aci. Masyarakat Sibetan atau krama sudah hampir tak kena iuran lagi untuk kegiatan di desa pakraman,” katanya.

Menurutnya, dengan kian dirasakan manfaat besar dari LPD, diharapkan motivasi, serta partisivasi masyarakat dalam rangka mendukung dan membangun kemajuan LPD. Dengan dukungan masyarakat, diharapkan keuntungan LPD terus meningkat, dan pemasukan ke desa pakraman juga tentunya akan meningkat pula. Sementara itu, pemenang undian jalan santai itu hadiah utama berupa sebuah sepeda motor, pesawat TV LCD, serta banyak hadiah hiburan lainnya. (bud)