Buah Jumbo Jadi Daya Tarik Tabulampot

TABULAMPOT (tanaman dalam pot) dari bibit mangga sangat banyak peminatnya. Mangga menjadi salah satu buah favorit. Tabulampot kio jay dengan ukuran buah jumbo sangat cocok untuk dikoleksi.

Harga tabulampot mangga kio jay mulai Rp600 ribu hingga Rp1,1 juta, tergantung ukuran dan apakah sudah berbuah atau belum. Putu, penjual bibit tanaman buah unggul di kawasan Sanur Denpasar, mengaku dengan ukuran buah jumbo dan rasa manis mangga asal Thailand ini sangat diminati.

Pohon mangga kio jay bila  ditanam dalam pot umumnya mulai berbuah 2-3 tahun sejak bibit okulasi dipindahkan dari polybag ke pot.  Ukuran pot yang digunakan sebaiknya minimal ukuran 60 cm. Makin besar ukuran pot akan makin baik. Dengan menggunakan metode tabulampot, tanaman akan cepat berbuah dan bisa diusahakan tidak mengenal musim sehingga sepanjang tahun bisa menikmati buah mangga.

Untuk merawat jenis mangga ini tidaklah terlalu sulit. Cukup dengan pemberian nutrisi yang memadai dan juga penyiraman yang sesuai. “Supaya panen lebih cepat, sebaiknya perawatan dan pemberian pupuk dilakukan secara teratur dan intensif,” terangnya.

Tanaman buah ini tidak terlalu suka dengan curah hujan yang tinggi, jadi cocok ditanam di daerah kering. “Setelah pot siap tanam disiapkan setelah itu, siapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang/kompos yang sudah difermentasi dan sekam. Dengan perbandingan 1:1:1,” ucapnya.

Selanjutnya lakukan penanaman, masukkan bibit mangga kiojay dalam pot, namun terlebih dahulu lepaskan polybag bibit dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran dan media tanamnya. Pastikan bibit dalam keadaan tegak lalu timbun dengan media tanam yang telah disiapkan tadi, selanjutnya sedikit padatkan. Setelah penanaman selesai, lakukan penyiraman secukupnya.

Lakukan penyiraman secara rutin 1-2 kali sehari di pagi dan sore hari namun tergantung kelembaban media tanam. Lakukan penyiangan gulma di sekitaran area tanaman dan juga lakukan pemangkasan.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman mangga kiojay terpenuhi, maka lakukan pemupukan secara rutin. Pemupukan tersebut dapat dilakukan dengan pupuk kombinasi kimia yaitu NPK buah, pupuk kandang dan pupuk organik cair. Agar tanaman cepat berbuah dapat menggunakan cairan hormon perangsang buah.

Pada bulan-bulan awal penanaman memang perlu di berikan nutrisi secara rutin. “Pada tahun pertama penanaman berikan pupuk setiap dua Minggu sekali, hal ini perlu rutin dilakukan untuk merangsang pertumbuhannya. Tahun berikutnya mangga kio jay dalam pot cukup diberi pupuk setiap tiga bulan sekali agar mempercepat proses produksi buahnya,” tandasnya.

Pemupukan bisa diberi dengan jenis pupuk kandang atau pupuk kompos. Bisa juga ditambahkan dengan pupuk NPK daun setiap satu bulan sekali. Perawatan rutin penting dilakukan karena menyangkut pertumbuhan tanaman agar cepat berbuah dan disemprot menggunakan pestisida untuk menghindari hama maupun penyakit.

Harga mangga kio jay dapat mencapai Rp25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilo buah, sehingga harganya bisa mencapai Rp35 ribu hingga Rp 40 ribu per buah. (pur)