Denpasar (Bisnis Bali) – Desain tempat tidur tingkat minimalis lebih menekankan pada bentuk tingkat dari tempat tidur yang ada di dalam kamar tersebut. Kamar ini biasanya lebih cocok untuk kamar anak.

Desain yang tingkat merupakan cara yang efektif agar anak-anak dapat berbagi ruangan dengan satu ruang saja. Tujuan dari membuat desain kamar tidur bertingkat adalah menampung satu orang lebih dalam satu kamar.

“Hal ini biasanya dilakukan pada rumah minimalis atau kecil agar  tiap kamar tidur yang ada dapat berfungsi lebih baik. Lalu berapa banyak tempat tidur yang bisa disediakan dalam sebuah kamar tidur, tergantung bagaimana kita mendesain dan merancangnya,” ungkap Raka Diatmaja salah seorang arsitek bangunan.

Secara teknis, cara membuat desain kamar tidur tingkat minimalis dapat dibuat dengan beberapa cara. Cara yang pertama berhubungan dan struktur bangunan rumah. Jadi kita tidak membeli desain tempat tidur bertingkat yang sudah jadi, namun membangunnya dari awal dalam ruangan tersebut dengan menyatukannya pada struktur bangunan kamar. Hanya saja untuk model seperti ini tidak bisa dipindah – pindah.

Cara lain yakni dengan mendesain terlebih dahulu ruangan atau kamar tidur, selanjutnya tempat tidur menyesuaikan dengan ukuran kamar tersebut. Keistimewaan tempat tidur model ini bisa dipindah pindah dan bisa dibongkar seandainya sudah bosan dengan tempat tidur susun, atau anak sudah tidak sekamar lagi.

“Tempat tidur model tingkat ini efektif untuk mensiasati kurang luas ruangan serta membuat kamar yang sempit menjadi terlihat luas. Tempat tidur tingkat ini juga bisa mengirit biaya di bandingkan dengan membeli tempat tidur dobble. Yang penting penempatan tepat dan faktor keamanan tetap di perhitungkan,” ungkap Raka Diatmaja.

Warna atau disaign tempar tidur tingkat inipun beragam dan bisa disesuaikan dengan karakter anak, artinya sangat fleksibel. Bahkan dengan desain tang baik juga bisa dibuat laci pada kolong tempat tidur paling bawah yang memiliki fungsi untuk nenyimpan pakaian atau mainan anak anak.  (ita)