Putu Putra Juliana, Kurangi Penggunaan Plastik

ISU pencemaran lingkungan akibat sampah plastik mendapat perhatian serius Gubernur Bali, dengan menerbitkan Pergub No. 97 Tahun 2018.

Hal tersebut menurut Putu Putra Juliana, sangat tepat karena penggunaan plastik sudah seharusnya dihindari. Terlebih lagi penggunaan plastik untuk membungkus  makanan dan untuk berbelanja. Sebab, penggunaan plastik berlebihan bisa merusak bumi dan  mempercepat terjadinya global warming. Sedangkan untuk  kesehatan kandungan dioksin dan zat beracun serta adiktif bisa memicu penyakit kanker.

“Plastik tidak tahan panas dan dapat mencemari produk yang akan berakibat buruk terhadap kesehatan konsumen. Perlu diingat, plastik bermasalah untuk lingkungan karena  merupakan bahan yang tidak dapat dihancurkan dengan cepat  dan alami,” tandas pemerhati lingkungan, Putu Putra Juliana.

Dikatakan, plastik merupakan material yang  terbuat dari minyak bumi dan memiliki sifat ringan, sehingga sebagian besar dari bagian plastik tidak bisa mengurai dan diurai oleh tanah. Bahaya lainnya dari plastik, lanjutnya, bila dibakar asapnya bisa  membuat batuk-batuk dan sesak nafas. Artinya, plastik saat dibakar dan asapnya dihirup manusia, maka turut membiarkan racun masuk dalam tubuh. Bahaya lainnya, yaitu apabila plastik dibuang sembarangan bisa merusak lingkungan dan mengganggu ekosistem makhluk hidup disekitarnya.

“Untuk selamatkan bumi kita harus segera melakukan reduce, reuse, dan recycle.  Ini harus disadarkan kepada seluruh elemen masyarakat, mulai dari siswa di sekolah-sekolah sejak dini,” tandasnya.

Diterangkan, reduce artinya mengurangi pemakaian plastik. Seperti, membawa gelas dari rumah ke sekolah atau membawa tas saat berbelanja. Reuse adalah menggunakan kembali plastik. Di sini masyarakat harus kreatif memanfaatkan plastik menjadi barang yang bisa dipergunakan kembali. Sementara recycle adalah mendaur ulang plastik, sehingga lebih sedikit yang mencemari bumi.

“Untuk anak dan cucu kita, lebih baik hindarilah penggunaan plastik secara berlebihan. Mari kita semua berkomitmen melakukannya secara bersama dengan baik dan menjaga lingkungan. Bumi ini harus kita rawat dan jaga agar kita bisa hidup dengan baik ke depannya,” tukasnya. (pur)