Tabulampot Anggur Pohon Miliki Daya Tarik

TABULAMPOT (tanaman buah dalam pot) saat ini banyak peminatnya, seiring dengan makin sempitnya lahan pertanian dan pekarangan rumah. Tabulampot menjadi solusi bagi mereka yang memiliki lahan sempit, tetapi ingin memiliki tanaman buah. Tabulampot anggur pohon, menjadi salah satu tabulampot yang unik dan dapat menjadi pilihan bagi para penghobi tanaman buah.

Bibit anggur pohon selain ditanam di tanah, dapat juga ditanam dalam pot. “Perawatan tabulampot anggur pohon sangat mudah dan tidak membutuhkan perlakuan khusus,” tutur Ratna, penjual tanaman di kawasan Suwung, Denpasar.

Hal penting yang harus diperhatikan pada saat menanam anggur pohon dalam pot yaitu ukuran pot. “Sebaiknya gunakan pot dengan ukuran minimal 60 cm, untuk membuat tabulampot anggur pohon. Makin besar ukuran pot akan makin bagus karena nutrisi yang terdapat di dalam media tanam tidak akan cepat habis,” tukasnya.

Untuk media tanam, gunakan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang, perbandingan 1:1. “Isi pot dengan media tanam hingga setengah pot, diamkan media tanam sedikitnya 3 hari. Baru kemudian letakkan bibit, yang sudah dikeluarkan dengan hati-hati dari polybag,” ucapnya. Setelah itu isi lagi dengan media tanam, pastikan media tanam memiliki pH 5,5.

Untuk perawatan lakukan penyiraman dua kali sehari pagi dan sore hari. “Anggur pohon membutuhkan sinar matahari penuh, untuk bisa tumbuh dan berbuah,” tandasnya. Selain penyiraman, pemberian pupuk minimal seminggu sekali atau bahkan dua kali seminggu, akan membuat tanaman dapat berbuah lebat.

Harga tabulampot anggur pohon cukup tinggi yaitu mulai Rp 750 ribu. Bibit bisa mulai Rp 150 ribu tergantung tinggi dan umurnya. (pur)