Foto bersama Kabid Dikdas Disdikpora Kab. Badung I Made Mandi, SPd, MPd., Anggota Komisi VIII DPR RI Dra. Agung Putri Astrid Kartika, serta para pendiri/anggota Yayasan Widya Dharma Santhi dan YPR Pandawa

Mangupura (Bisnis Bali) – SMK Pandawa, Abiansemal, menggelar pameran pendidikan bertajuk Gebyar Pendidikan Vokasi 2019 di sekolah setempat, Jalan Janger, Abiansemal, Badung, Sabtu (26/1) lalu. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung I Made Mandi, SPd, MPd. Turut hadir Anggota Komisi VIII DPR RI dapil Bali, Dra. Agung Putri Astrid Kartika, serta para pendiri Yayasan Widya Dharma Santhi dan Yayasan Pendidikan Rakyat (YPR) Pandawa.

Kepala SMK Pandawa Bali Global Ir. I Nengah Usdek Maharipa, MM mengatakan kegiatan Gebyar Pendidikan Vokasi 2019 ini dirangkaikan dengan peresmian SMK Pandawa bergabung ke dalam STIKOM Bali Group. Untuk selanjutnya nama sekolah ini berubah menjadi SMK Pandawa Bali Global. Melalui pameran ini, diharapkan masyarakat dan para siswa dapat mengetahui kegiatan program magang ke Jepang dan program kuliah sambil kerja di Taiwan yang dilaksanakan oleh STIKOM Bali dan LPK Darma, serta hasil karya para siswa dan mahasiswa di lingkungan STIKOM Bali Group.

Mantan anggota DPRD Bali ini juga menerangkan, bahwa dengan nama baru SMK Pandawa Bali Global pihaknya berharap ke depan lembaga pendidikan yang didirikan oleh YPR Pandawa pada tahun 1971 ini akan kembali berjaya seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Saat ini kami memiliki tiga program keahlian, yakni akomodasi perhotelan, akuntansi, dan tata boga. Total peserta didik sekarang 185 orang. Dengan bergabung ke dalam STIKOM Bali, ke depan kami akan buka satu program keahlian lagi, yakni bidang IT,” kata Usdek Maharipa.

Ditambahkannya, karena sudah menjadi bagian dari STIKOM Bali Group, maka para lulusan nanti diarahkan ke STIKOM Bali, apalagi STIKOM Bali memiiki program magang ke Jepang dan kuliah sambil kerja di Taiwan.

Ketua YPR Pandawa Drs. I Putu Sambi menambahkan, dengan bergabungnya STIKOM Bali, aset dan sumberdaya manusia yang ada tidak mengalami perubahan, hanya manajemen yang dikelola oleh STIKOM Bali.

“Kami yakin di bawah manajemen STIKOM Bali, SMK Pandawa Bali Global akan kembali jaya dan menjadi sekolah unggulan di Badung,” cetusnya optimis.

Hal senada disampaikan oleh Pembina Yayasan Widya Dharma Santhi – induk STIKOM Bali Group, Prof. Dr. I Made Bandem, MA. Menurutnya, SMK Pandawa ini sudah memiliki nama sehingga tidak sulit mengembangkan menjadi lebih baik lagi ke depan.

‘‘Kami menyambut baik kerja sama dan kepercayaan teman-teman dari YPR Pandawa ini dan mari kita bersama-sama mengembangkan SMK Pandawa Bali Global lebih baik lagi sehingga menjadi salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Badung dan Bali,” kata Bandem.

Pameran kali ini menampilkan karya para siswa SMK Pandawa Bali Global, serta hasil karya siswa/mahasiswa STIKOM Bali Group, yakni SMK TI Bali Global Denpasar, SMK TI  Bali Global Dalung, Poltek G2 Denpasar, LPK Darma dan STIKOM Bali. (dar)