Pemkab Bangli “Nganyarin” di Pura Lempuyang

Karangasem (Bisnis Bali) – Sebagai wujud bakti ke hadapan sang pencipta, Pemkab Bangli yang dipimpin oleh Sekda Bangli Ir. Ida Bagus Gde Giri Putra, M.M., serta sejumlah pimpinan OPD  dan staf di lingkungan Pemkab Bangli, melaksanakan bakti penganyar serangkaian dengan karya Panca Wali Krama di Pura Lempuyang, Kabupaten Karangasem.

Kabag Kesra Pemkab Bangli Jro Penyarikan Widata mengatakan, bakti penganyar yang dipuput oleh Ida Pedanda Gde Oka Kemenuh Geriya Sudi Katon karangasem. Sedangkan prosesi upacara diawali dengan ngaturang penglukatan dan ngayab bakti penganyar dilanjutkan dengan  persembahyangan bersama. “Bakti penganyar merupakan kewajiban yang harus dijalankan pemerintah daerah di Bali. Kita berharap dengan yadnya yang tulus, Ida Bhatara yang berstana di Pura Lempuyang  memberikan keselamatan dan kemakmuran bagi seluruh umat,” ucapnya.

Sementara itu Sekda Bangli Ir. Ida Bagus Gde Giri Putra, M.M., mengatakan, sebagai umat Hindu kita memiliki kewajiban untuk menjaga dan melestarikan keberadaan pura ini. Oleh karenanya ngaturang bakti penganyar merupakan suatu hal yang diwajibkan kepada pemerintah daerah di Bali khususnya sebagai salah satu upaya melestarikan dan menjaga  keberadaan pura. Ditambahkannya, pihaknya juga mengajak seluruh umat sedarma untuk seraya memohon keselamatan bhuana agung dan bhuana alit.

“Dengan ngaturang bakti pengayar kita berharap Ida Batara memberikan keselamatan dan kelancaran bagi Pemkab Bangli dalam menjalankan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.
(ita)