Bunga Bank Diperkirakan tak Berubah

Mangupura (Bisnis Bali) – Suku bunga bank diperkirakan tidak banyak mengalami perubahan seiring tetapnya bunga acuan BI 7 day repo rate yang tetap 6 persen pada Januari 2019 ini.

Pemerhati perbankan Nyoman Sender di Jimbaran, Minggu (27/1) kemarin mengatakan, BI menetapkan suku bunga 6 persen dapat dipahami karena kegiatan ekonomi baru saja dimulai setelah libur panjang akhir tahun. Kondisi ini ikut melatari bank belum melakukan perubahan suku bunga.

“Bank-bank belum perlu mengubah suku bunga karena yang perlu dilakukan hanyalah memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabahnya seraya memperbaiki infrastruktur internalnya,” katanya.

Ia yang lama bergelut di BNI ini menyampaikan bank belum melakukan perubahan mengingat dalam tiga bulan ke depan akan disibukkan dengan pesta demokrasi. Tahun politik ada prediksi aktivitas ekonomi akan sedikit slowing down sehingga demand terhadap kredit ada kemungkinan juga sedikit mengendor. Di satu pihak keperluan likuiditas tetap akan relatif tinggi.

“Keadaan tersebut bisa jadi BI kecil kemungkinan untuk menurunkan suku bunga pada triwulan I ini,” ujarnya.

Menurutnya, BI 7DRR sebenarnya berpeluang naik, tetapi karena tahun politik maka pada Februari juga akan tetap tidak berubah. The Fed biasanya me-review interest rate setiap quarter. Meski demikian, ia optimistis Januari dan Februari ini belum akan ada perubahan.

Kondisi ini diyakini selaras denga pertumbuhan ekonomi. “Triwulan I/2019, perekonomian Bali mungkin bertumbuh tetapi sangat moderat karena juga disibukkan dengan pilpres dan pileg/pilkada,” jelasny.

Untuk itu, bisa jadi setelah April sampai semester satu tahun ini, ekonomi baru akan bergerak sedikit dengan catatan pesta demokrasi berjalan aman dan damai. Ia menilai, persiapan pelaksanaan anggaran paling tidak memerlukan waktu satu sampai dua bulan,  karenanya kegiatan ekonomi baru akan tampak setelah Maret.

“April masih sibuk dengan pesta demokrasi. Jadi pergerakannya akan minimal sekali,” ucapnya.

Sementara itu pemerhati perbankan lainnya Dr. Indrawan menilai, awal tahun kinerja perbankan tidaklah setinggi triwulan kedua. Ini membuat bank tidak akan melakukan perubahan bunga bank. Kendati demikian, sepanjang 2019 bank tentu akan menaikkan suku bunga mengingat potensi BI 7 DRR naik masih akan terjadi.

Bunga bank akan bervariasi tergantung jenis layanan. Prediksi rata-rata suku bunga simpanan kisaran 5,9 persen per tahun, bunga kredit modal kerja kisaran 11,6 persen per tahun. Itu sesuai target pertumbuhan kredit dan dana pihak ketiga pada 2019 di kisaran 10-12 persen.

“Suku bunga bank masih akan mengalami tren kenaikan tahun ini. Namun, kenaikannya diprediksi tidak akan signifikan karena potensi kenaikan suku bunga acuan BI tidak akan setinggi tahun lalu,” ucapnya. (dik)