Buat Perubahan, LPD harus Mampu Berinovasi

Denpasar (Bisnis Bali) – Seiring perubahan zaman dan kian ketatnya persaingan, LPD sebagai lembaga keuangan milik masyarakat desa adat diharapkan mampu melakukan berbagai inovasi. Inovasi yang dilakukan tentunya mampu memberi perubahan yang membuat makin berkembangnya LPD kedepan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Biro (Karo) Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Provinsi Bali, I Nengah Laba, saat menghadiri seminar motivasi yang diikuti pengurus LPD dari masing-masing kabupaten, di Sanur, Denpasar Jumat (18/1) lalu. Mengawali tahun, Laba mengharapkan LPD mampu menjadi lebih baik dengan dukungan semangat dan motivasi yang telah diberikan.

Paling tidak LPD harus bisa mengarah ke bisnis lebih baik lagi. “LPD harus bisa melakukan inovasi-inovasi, sehingga esesiensi pembangunan dalam rangka pemberdayaan ekonomi desa lebih hidup lagi,” ujarnya.

Menurutnya ada banyak hal yang bisa digarap LPD, seperti pedagang canang, dan pedagang kecil-kecil lainnya, yang membuat keberadaan mereka lebih tumbuh dan berkembang. “Jangan sampai para pedagang seperti ini kebingungan untuk mencari modal. LPD harus berupaya bagaimana masyarakat bisa memanfaatkan sepenuhnya lembaga keuangan miliknya ini,” terangnya.

Selain menyasar usaha yang sudah ada, LPD juga diharapkan mampu menumbuhkan usaha-usaha baru. Seperti halnya membangun wirausaha di kalangam generasi muda. LPD bisa menyisihkan modalnya yang digunakan untuk pemberdayaan, seperti generasi muda yang belum memiliki pekerjaan.

“Di beberapa tempat mungkin ada pemuda yang masih menganggur, LPD harus bisa memperhatikan hal tersebut. Bantu mereka untuk menggali potensi yang ada, menjadi terampil dan didukung dengan akses permodalan,” katanya.

Jika ini mampu dilakukan LPD, tentunya perekonomian masyarakat akan hidup. Beberapa kebutuhan masyarakat yang selama ini didapatkan dari luar daerah akan bisa dipenuhi oleh masyarakat di wilayah itu sendiri. Tentunya hal ini pun akan memberi perubahan yang besar bagi masyarakat, termasuk LPD.

Hal inilah yang diharapaknnya, bagaiamana LPD bisa memberi perubahan melalui inovasi yang dilakukan. Jika tidak, maka LPD akan mengalami ketinggalan di era perubahan saat ini. Dia pun mengakui SDM LPD mampu melakukan perubahan tersebut. Saat ini pengurus khususnya kepala LPD sudah tersertifikasi, ditambah dorongan motivasi yang diberikan serta terbukanya wawansan pengurus bisa dijadikan bekal untuk mengarahkan LPD menuju yang lebih baik lagi. (wid)