Digelar Sabtu, Tabanan Harmoni Langkah Nyata Perkokoh Toleransi Berbangsa

Tabanan (Bisnis Bali) –
Sebagai wujud nyata dalam menumbuhkembangkan perilaku dengan karakter yang bijak, toleran, dan cinta NKRI. Pemerintah Kabupaten Tabanan menggandeng GP Ansor akan menggelar Tabanan Harmoni Shalawat untuk Bangsa di Lapangan Alit Saputra, Tabanan, Sabtu (19/1).
Doa bersama yang juga diwarnai Deklarasi Kebhinnekaan Membumikan Pancasila ini akan mendatangkan ulama terkenal nasional. Kegiatan tersebut diperkirakan akan diikuti oleh ribuan umat muslim di seluruh Bali nantinya.
Wakil Bupati Tabanan, DR. I Komang Gede Sanjaya, S.E. M.M, didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Tabanan, Putu Dian Setiawan disela-sela jumpa pers terkait kegiatan Tabanan Harmoni, Jumat (18/1) kemarin mengungkapkan, kegiatan membumikan Pancasila melalui Tabanan Harmoni yang digelar bersama GP Ansor ini patut diapresiasi dan didukung bersama. Ini sekaligus sebagai upaya dalam menyikapi persoalan bangsa, seperti hoax, ujaran kebencian, hingga terorisme yang muncul belakangan ini.
Sementara itu, sebelumnya Gubernur Bali I Wayan Koster, menyambut baik digelarnya Tabanan Harmoni Shalawat untuk Bangsa yang akan digelar Sabtu 19 Januari 2019 di Lapangan Alit Saputra, Tabanan. Hal itu diungkapkan Koster usai menerima Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti yang mengajak Panitia dari MUI Tabanan dan GP Ansor di ruang kerja gubernur, Kamis (17/1).
“Astungkara saya akan hadir untuk membuka acara tersebut” ujar Koster.
Di tempat sama Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memamparkan, Kabupaten Tabanan telah dinobatkan sebagai kabupaten yang toleran dibuktikan dengan diraihnya Harmony Award pada 2017. Terkait itu, katanya kegiatan Tabanan Harmoni menjadi salah satu bukti nyata dari penghargaan yang telah diraih itu.
Terangnya, penghargaan Harmony Award merupakan apresiasi Kementerian Agama RI terhadap program penguatan kualitas kerukunan umat beragama. Sebab, Kabupaten Tabanan dinilai berkontribusi luar biasa, dan terbaik dalam memberikan palayanan kerukunan umat beragama. Kontribusi itu mengacu pada berbagai aspek, diantaranya aspek dukungan anggaran dan dukungan kebijakan oleh Pemerintah Daerah.
Sementara, Ketua Panitia yang adalah Ketua GP Ansor Tabanan, Antoni, menjelaskan acara itu merupakan doa bersama untuk NKRI yang berdasarkan Pancasila. “Kami umat muslim yang selama ini merasa sangat diayomi ingin berperan dalam merekatkan kerukunan yang selama ini telah terbina dengan baik” pungkasnya.
Tambahnya, kegiatan melibatkan ribuan umat muslim ini juga mendoakan agar hajatan Pemilu 2019 berjalan dengan aman, tentram, tanpa perselisihan antar umat maupun antar golongan, dengan tetap memegang teguh Persatuan. Imbuhnya, sebagai wujud kebinekaan, mengundang seluruh komponen masyarakat seperti FKUB,” tandasnya.*man