Vila perlu Dilengkapi APAR

Amlapura (Bisnis Bali) – Sebuah mobil milik turis asal Australia, Alexander Jame, yang menginap di Vila Matanai, di tepi pantai objek wisata Jasri, Karangasem,  Senin (14/1) lalu terbakar. Mobil terbakar akibat selang atau pipa gas di belakang mobil lepas, gasnya keluar dan menyambar mesin mobil. Sementara, pemilik vila tidak memiliki atau tak menyediakan alat pemadam api ringan (APAR), sehingga mobil ludes terbakar.

Masih terbilang beruntung, karena bangunan vila tak ikut dilalap si jago merah. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, karena pemilik mobil Alexander Jame dan penghuni vila lari menjauh. Tim Pemadam Kebakaran (Damkar)  Pemkab Karangasem mengerahkan satu mobil pemadam kebakaran dan mobil pengangkut tim ke lokasi.

Kebakaran itu berlangsung padi sekitar pukul 07.30, saat petugas dapur tengah memasak air. Kadis Pemadam Kebakaran Pemkab Karangasem Nyoman Sutirtayasa, menyayangkan pemilik vila tak memiliki APAR berupa tabung gas kecil. Menurut Sutirtayasa, pria asal Jasri itu, APAR sangat penting disediakan pada vila atau hotel. ‘’Kami terus mensosialisasikan agar perkantoran pemerintah dan swasta, apalagi vila atau hotel wajib menyediakan APAR di tempatnya. Hal itu penting, guna mengantisivasi kebakaran. APAR itu tak begitu mahal, dibandingkan kerugian yang diderita kalau sampai ada musibah kebakaran,’’ paparnya.

Di lain pihak, istri pemilik Vila Matanai, I Gusti Agung Ayu Putu Adhi Wirastuti mengakui kalau vila miliknya tak memiliki APAR. ‘’Dengan kejadian ini, kami akan pertimbangkan mengadakan atau membeli APAR. Dulu pernah memiliki beberapa buah tabung, tetapi sudah rusak karena tak terpakai,’’ katanya. (bud)