Suku Bunga jadi Acuan Konsumen Pilih KPR

Tabanan (Bisnis Bali) –  Suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) selalu menjadi acuan bagi konsumen dalam menentukan keputusan jadi atau tidak menempuh KPR tahun ini. Demikian bagian marketing Kharisma Properti, Andini, Selasa (15/1).

Dikatakan, KPR selama ini memang jadi prioritas pilihan konsumen. Hampir 90 persen konsumen perumahan menggunakan fasilitas kredit jangka panjang ini dari waktu ke waktu. Ini tak berlebihan karena memang KPR sangat membantu konsumen untuk memiliki rumah idaman untuk keluarga tercinta. Baik rumah subsidi maupun nonsubsidi tersedia KPR. Bahkan untuk rumah subsidi KPR – nya mengkhusus dengan skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) 5 persen per tahun.

Syarat khusus rumah subsidi juga ada dan ini berorientasi pada upaya mengurangi backlog bagi masyarakat berpenghasilan rendah ( MBR ). Lain lagi KPR rumah nonsubsidi. KPR inj beragam besaran suku bunganya, sehingga konsumen berkesempatan memilih. Lebih – lebih awal tahun 2019 cukup ditunggu konsumen mendapatkan KPR dengan suku bunga rendah atau promo sehingga niat memilki rumah jadi kenyataan.

Menurutnya KPR bagi konsumen yang sudah matang atau siap mental dan finansial tak masalah. Misal memilki gaji suami – istri yang memadai untuk sebagian kecilnya bisa mengkaper cicilan KPR. Kehati – hatian dalam memilih sistem bunga juga penting. Bank umum bisanya menerapkan sistem fixed dua atau tiga tahun atau floating. Kejelian dan pemahaman yang baik tentang hal tersebut akan menentukan pilihan tepat konsumen.

Sebelumnya pengembang PT. Rafikha Regency, Nasrotin menyampaikan bisnis perumahan memang tak bisa lepas dari KPR. Ini karena pangsa pasar properti yang masih mendominasi adalah kalangan menengah bawah. Mereka adalah pekerja industri, pegawai perusahaan, dan lainnya sehingga akan memilih kredit jangka panjang agar bisa bernapas panjang pula.Harapnya dengan berbagai stimulus perbankan, KPR tetap favorite konsumen sebagai solusi tepat dalam memiliki rumah idaman yang layak dan nyaman. (gun)