PELATIHAN - Suasana pelatihan yang diikuti patengen (bendahara)  LPD se-Badung di Hotel Made Bali,  Selasa (15/1).

Mangupura (Bisnis Bali) – Bertempat di Hotel Made Bali,  Sempidi,  Badung,  Lembaga Pemberdayaan (LP)  LPD Kabupaten Badung menggelar pelatihan untuk patengan (bendahara)  LPD yang berlangsung dari Senin (14/1) hingga Kamis (17/2) mendatang.  Pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman tata kelola keuangan yang akan bermuara pada tingkat risiko manajemen LPD.

Kepala LP-LPD Kabupaten Badung,  Drs. I Dewa Nyoman Widiarsa,  sata ditemui,  Selasa (15/1)  mengatakan,  sesuai dengan Pergub Nomor 14 Tahun 2017 khususnya pasal 58 ayat 1, LPLPD memiliki tugas untuk melaksanakan pemberdayaan LPD melalui pelatihan.

Hal tersebut dijadikan dasar terselenggaranya pelatihan ini. Pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan sebelumnya (November 2018) yang memberikan pelatihan kepada penyarikan (tata usaha) saat itu.

Melalui pelatihan ini diharapkan pengurus LPD khususnya patengan,  dapat mengetahui dan memahami fungsi masing-masing prajuru LPD dengan selalu bekerja keras demi kemajuan LPD.

“Di samping itu, kami juga harapkan agar patengen mampu menjalankan peranannya dalam menganalisa tingkat kesehatan dan risiko yang merupakan parameter pengelolaan LPD untuk dievaluasi dan ditingkatkan menuju manajemen yang sehat,” harapnya.

Pelatihan ini diikuti 111 orang peserta dari 122 LPD yang ada di Badung.  Pelatihan mengambil waktu 4 hari yang dibagi menjadi 3 angkatan.  “Angkatan 1 dan 2 mengambil hari Senin dan Selasa, sedangkan angkatan 3 dan 4 mengambil Rabu dan Kamis.  Masing-masing angkatan mengikuti pelatihan selama 2 hari,” terangnya.

Adapun pelatih yang memberikan materi dalam kegiatan ini diantaranta dari LP-LPD Provinsi Bali,  LP-LPD Kabupaten Badung dan dari Badan Kerja Sama (BKS)  LPD Kabupaten Badung yang telah mengikuti kompetensi sebagai training of triner (TOT).

Materi yang diberikan berupa,  tingkat kesehatan LPD,  manajemen kredit,  manajemen dana dan adminiatrasi LPD.  Widiarsa mengungkapkan,  pelatihan patengen LPD se-Kabupaten Badung ini dibiayai dari setoran dana pemberdayaan LPD yang telah disetorkan LPD ke LP-LPD Provinsi Bali setiap tahunnya.  (wid)