Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta beserta perbekel, perangkat desa, tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Besan, Kecamatan Dawan meninjau potensi destinasi wisata Bukit Abah.

Semarapura (Bisnis Bali) – Hutan pinus yang berada di Bukit Abah, Desa Besan, Kecamatan Dawan mulai dikembangkan sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Klungkung. Hanya dengan penambahan spot photo box, destinasi alam ini sudah mampu menarik kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

Mengetahui hal tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Perbekel Desa Besan, I Ketut Yasa, perangkat desa, para tokoh masyarakat dan masyarakat setempat meninjau secara langsung potensi destinasi wisata tersebut.

Usai melakukan peninjauan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan keinginannya untuk menjadikan Bukit Abah sebagai bagian dari destinasi pariwisata. Pemkab Klungkung melalui Dinas Pariwisata akan membuat perencanaan besar (grand design) dari tanah desa yang mencapai luas 80 hektar, yang nantinya akan digunakan untuk destinasi pariwisata.

“Bukit Abah yang memiliki pemandangan berupa laut, perkotaan dan lainnya ini, merupakan daerah yang strategis untuk dikembangkan sebagai destinasi pariwisata,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mengingatkan bahwa dalam mengembangkan desa wisata ini diperlukan kerja sama yang baik antara Pemkab Klungkung, Perangkat desa serta tokoh dan masyarakat Desa Besan. Untuk biaya awal dalam perencanaan akan ditanggung oleh Pemkab Klungkung.

“Dalam mewujudkan hal tersebut, jangan berpikir bahwa tahun ini harus jadi, tetapi yang lebih penting lagi bagaimana Pemkab Klungkung, perangkat desa, dan para tokoh masyarakat serta masyarakat setempat harus berproses terlebih dahulu dalam mewujudkan hal tersebut, agar apa yang diwujudkan minimal dapat dinikmati oleh generasi penerus kita,” katanya.

Bupati Suwirta pun menunggu para perbekel se-Kabupaten Klungkung agar menciptakan ide kreatif yang berguna bagi desanya masing-masing. (dar)