TINJAU ARMADA - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau salah satu armada Angkutan Siswa Gratis yang beroperasi kembali mulai Rabu (16/1).

Semarapura (Bisnis Bali) – Angkutan Siswa Gratis Gema Santi kembali beroperasi mulai Rabu (16/1). Hal tersebut disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat bertatap muka dengan para sopir angkutan, di ruang rapat Kantor Dinas Perhubungan. Pertemuan tersebut juga dihadiri lima kepala sekolah, Kadis Pendidikan, Kadis Perhubungan, Dirut Damri, perwakilan BPD Bali, Organda serta Forum Lalu lintas.

Bupati Suwirta mengatakan, program Angkutan Siswa Gratis ini sempat terhenti karena salah perhitungan libur sekolah, dan kini kembali beroperasi. “Para sopir supaya menyiapkan kendaraannya serta mengatur waktu, sehingga para siswa dapat diangkut dan tidak ada yang tercecer,” pinta Bupati Suwirta.

Kepada 95 pengemudi Angkutan Siswa Gratis yang hadir, Bupati Suwirta mengingatkan agar selalu mematuhi aturan berlalu lintas, tertib di jalan dan mengatur waktu agar bisa melayani siswa. “Saya juga berharap di tiap mobil dilengkapi tempat sampah, tidak merokok di dalam kendaraan dan jika ada yang kedapatan merokok maka izinnya akan dicabut,” tegasnya.

Kepada semua pihak, Bupati Suwirta meminta untuk bersama-sama mengawasi program ini yang sudah berjalan satu tahun ini. Ke depan akan lebih disempurnakan serta pada 2020 akan dikaji sehingga bisa diterapkan di tiga kecamatan lainnya, yakni Banjarangkan, Dawan dan Nusa Penida. Sementara itu, pihak Damri yang memenangkan tender, Bupati suwirta menyatakan Damri memang pantas menjadi pengelola program ini karena sudah berpengalaman di bidang perhubungan. “Tolong kelola program ini dengan baik. Target ke depan harus lebih baik, bila perlu armadanya ditingkatkan dengan kendaraan yang lebih besar dan baru, dan tentunya dengan dukungan Koperasi Angkutan yang saya harapkan bisa segera berdiri. Saya siap mendidik para awak koperasi baru nanti dari A sampai Z,” ujar Bupati Suwirta disambut tepuk tangan para awak armada. (dar)