Penyerahan dana pembangunan oleh Kepala LPD Desa Adat Tuka,  I Made Dwiantara, S.E., M.M. (kiri)  kepada Bendesa Adat Tuka  I Made Widiatmika

Mangupura (Bisnis Bali) – LPD Desa Adat Tuka,  Kuta Utara Badung, menggelar Laporan Pertanggungjawaban (LPJ)  kepada krama (masyarakat adat) pada Minggu (13/1).  Dalam LPJ yang digelar di aula LPD Tuka ini juga dibarengi dengan penyerahan dana pembangunan senilai Rp251 juta kepada desa adat.

Kepala LPD Desa Adat Tuka,  I Made Dwiantara,  S.E., M.M.,  pada sela-sela acara,  mengatakan, dalam LPJ yang disaksikan oleh seluruh krama ini juga menghadirkan para pemuda-pemudi setempat yang akan diarahkan untuk membangun usaha. Hal ini sesuai dengan terobosan LPD tahun 2019 untuk mendorong tumbuhnya wirausaha muda. “Para pemuda ini ke depannya akan kita dorong dan fasilitasi untuk mengarah kepada hal-hal positif khususnya berwirausaha,” ujarnya.

Terkait dengan target pencapaian LPD Desa Adat Tuka pada akhir 2018, telah melampaui target hingga 127 persen,  dengan laba yang diperoleh sebanyak Rp1,26 miliar.  Ada pun aset LPD Tuka saat ini telah mencapai Rp39 miliar.

“Dari laba tersebut sebanyak 20 persen kami serahkan langsung ke desa adat sebagai dana pembangunan,  baik fisik ataupun non fisik,” ujarnya

Di samping dana pembangunan yang diserahkan secara rutin tiap tahunnya, LPD Desa Adat Tuka juga memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat. Di antaranya,  pemberian parsel galungan,  dana santunan kepada masyarakat meninggal dan sedang rawat inap di rumah sakit, hingga kegiatan nampah yang rutin dilakukan jelang galungan dan sumbangan-sumbangan kepada kelompok masyarakat.

LPD Desa Adat Tuka didukung 40 KK dan 115 jiwa. Kepercayaan masyarakat pun luar biasa terhadap LPD yang seiring dengan perkembangan LPD Tuka yang berdiri sejak 2010 lalu.

Menanggapi pencapaian LPD Tuka,  Bendesa Asat Tuka,  I Made Widiatmika, sangat mengapresiasi keberadaan LPD selama ini yang telah mampu menjadi catu (sumber penghidupan) bagi masyarakat desa adat. Berbagai kontribusi diakuinya selama ini telah diberikan LPD kepada masyarakat.

“Contoh kecilnya,  perhatian kepada pemangku,  mulai dri busana,  upakara dan sebagainya telah difasilitasi LPD.  Demikian juga kegiatan lainnya, baik dalam parhyangan (hubungan manusia dengan Tuhan),  pawongan (hubungan manusia dengan manusia) dan palemahan (hubungan manusia dengan lingkungan,” ujarnya.

Dia berharap, ke depannya LPD Tuka terus ajeg dan berkembang yang terus mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. “Kita sudah memiliki gedung yang refrensentatif ditambah kerja keras para pengelola. Untuk itu saya mengajak krama untuk terus mendukung kemajuan LPD kedepan,” terangnya.

Sementara itu, Kabag Ekonomi Sekda Kabupaten Badung,  AA Rosyawati, S.E., M.M.,  yang turut hadir dalam acara ini,  mengatakan, perkembangan LPD Tuka memang luar biasa meski baru berdiri namun mampu memberikan yang terbaik untuk masyarakat.  Demikian dari kesehatan LPD,  atas penilaian pembinaan tahun 2018, LPD Tuka termasuk katagori sehat. (wid)