Sambal Terong, Pilihan untuk Pencinta Pedas

Denpasar (Bisnis Bali) –¬†Pencinta kuliner, tentunya mengenal berbagai jenis sayur mayur, salah satunya¬† terong. Dan ternyata terong pun ada banyak jenis ada terong ungu, kuning, putih dan juga terong bulat. Untuk terong bulat rasanya memang berbeda, teksturnya keras dan renyah tidak seperti jenis terong lainnya.

Terong bulat selain dimanfaatkan sebagai sayur juga sangat cocok untuk sambal yang disantap sebagai pendamping lalapan, ayam goreng,ikan asin dan bahkan tempe dan tahu.

“Sambal terong ini rasanya unik dan enak, layaknya sambal dominan rasa yang ditawarkan pastinya rasa pedas. Untuk sambel terong ini pedasnya sangat cocok dengan rasa terongnya,” ungkap Wita pemilik rumah makan di jalan Nangka Selatan Denpasar.

Sambal terong yang ditawarkannya memang jadi idola di rumah makan yang menyajikan aneka lalapan ini. Terong bulat sebelumnya di bakar setengah matang, bersama dengan bawang merah cabe merah, cabe kecil dan terasi kemudian bumbu di ulek kasar dicampur dengan irisan terong bulat yang telah dibakar.

Setelan itu semua dicampur diberi minyak kelapa. Sambel terong ini harus fresh begitu ada pemesanan barulah dibuat. “Kalau untuk sambel terong ini satu porsi kita jual Rp5.000, tapi kalau sudah dipaket dengan lauk tentu akan lebih murah harganya,” ungkap Wita.

Rasa pedas sambel terong ini memang memberi kesan berbeda dari sambel lainnya sehingga terasa unik dipadukan dengan lauk dan nasi hangat. (ita)