Gianyar (Bisnis Bali) – Pemerintah telah mengeluarkan Pergub No. 99 tahun 2018 terkait pemasaran dan pemanfaatan produk pertanian, perikanan dan industri lokal Bali. Ketua DPN iPro BPR, Made Arya Amitaba, Rabu (9/1) mengatakan, Pergub 99 berpihak pada UMKM yang selama ini menjadi pasar bank perkreditan rakyat (BPR).

Ia mengungkapkan, pada  2018, sektor ekonomi dan perbankan dihadapkan perlambatan ekonomi. Dengan adanya penerapan kebijakan penerapan Pergub No. 99/2018, sektor perbankan optimis dan yakin akan membantu memperbaiki ekonomi Bali akan makin membaik 2019.

Pada 2019, pemerintah pusat dan pemerintah daerah sudah berada pada posisi  yang benar. Pemerintah sudah melakukan pembangunan infrastruktur. Direktur Utama BPR Kanti ini memparkan yang terpenting pemerintah juga mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang berdampak terhadap perkembangan sektor UMKM.

Menurutnya, pemerintah sudah fokus pengembangan UMKM. BPR Kanti sendiri  akan menjadi yang terdepan melayani UMKM. “Program pemerintah berpihak pada UMKM, BPR Kanti mendukung UMKM,” katanya. Arya Amitaba menambahkan, BPR mendukumg program pemerintah. Dengan rasa optimis BPR di Bali akan melakukan kegiatan strategis pengembangan sektor UMKM di Bali. (kup)