Denpasar (Bisnis Bali) – Mendesain interior rumah dengan ukuran yang sangat terbatas pasti memiliki tingkat kesulitan tersendiri, namun akan menjadi satu keistimewaan apabila rumah yang didesain sesuai dengan harapan.

Saat ini hunian di tengah kota kebanyakan berukuran minimalis atau simple, sehingga memerlukan pemikiran tenaga ahli agar tampilan rumah yang sempit bisa terasa lapang. “Rumah minimalis saat ini jadi pilihan masyarakat perkotaan karena makin sempitnya lahan yang ada, dengan pengaturan yang tepat tiap ruang yang ada bisa dimanfaatkan dengan baik,”  ungkap IGN Hari Pawitra ST., Arsitektur dan owner Sikut Satak Disaign.

Salah satu ruang yang wajib untuk diperhatikan dalam satu rumah adalah dapur, ruang ini memang terlihat simple namun memiliki fungsi yang sangat penting dalam rumah. “Dapur tidak perlu luas yang penting bersih dan fungsinya bisa maksimal, tata ruang atau letak dapur bisa memanfaatkan space kecil dalam rumah, asal penempatan furniture dan prabot sesuai,” ungkap Hari Pawitra.

Rak dinding juga sangat menentukan pemanfaatan ruang dengan maksimal, namun agar ruangan tidak terlihat sempit penataan rak juga harus di perhatikan. Permainan warna juga sangat menentukan rumah terlihat elegan.

“Dapur haruslah nyaman bagi penghuni rumah, tidak hanya sebagai tempat yang di cari pada saat lapar dan haus namun juga menjadi tempat yang nyaman saat menikmati hidangan,” ungkap Hari Pawitra. Dengan memaksimalkan ruang dan melengkapi dengan prabot yang sesuai dapur minimalis akan berfungsi maksimal. (ita)