Tabanan (Bisnis Bali) – Bagi penikmat hidangan kuliner babi guling, menikmati sajian nasi babi guling Men Rebo mungkin bisa jadi refrensi yang patut dicoba. Betapa tidak, ada beragam keunikan yang ditawarkan, selain dari sensasi rasa nikmat sebagai salah satu kuliner tradisional Bali, kuliner berlokasi di Kabupaten Tabanan ini unik karena hanya buka pada hari Rabu.

Berlokasi di pinggir jalan utama Penyalin-Kerambitan, tepatnya memasuki Banjar Selingsing Kelod, Desa Pangkung Karung, Kecamatan Kerambitan Tabanan. Nasi babi guling Men Rebo ini mulai buka pukul 11.00 Wita.

Pemilik warung nasi Men Rebo, Ni Wayan Sulami, Rabu (9/1) mengungkapkan, usaha warung babi guling sudah dilakoni sejak tiga tahun yang lalu. Terangnya, untuk babi yang digunakan sebagai sajian menu merupakan babi yang ia pelihara langsung. Namun, apa bila tidak ada stok, ia terpaksa membeli babi dan diguling sendiri dengan dibantu keluarga.

“Biasanya setiap Rabu, babi yang diguling memiliki berat 60 hingga 90 kg per ekor,” tuturnya.

Untuk sajian menu umumnya hampir sama dengan sajian sejenis dengan kuliner babi guling pada umumnya. Yakni, sajian per porsi dilengkapi dengan gorengan yang terdiri dari jeroan babi goreng, hati goreng, darah goreng, kuah balung.

Sambungnya, untuk menciptakan sensasi rasa yang nikmat sekaligus memberi nilai lebih pada sajian, pihaknya mengutamakan cara pengolahan atau memasak dengan tradisional. Paparnya, guna mendapatkan kematangan yang merata, ia menggunakan tungku kayu bakar dengan proses pembakaran 4 hingga 5 jam. Satu porsi nasi babi guling campur dibandrol Rp20.000, sedangkan nasi babi guling yang nasi dan lauknya dipisah dibandrol Rp25.000 per prosi.

“Bagi konsumen yang ingin nambah kulit babi guling, konsumen hanya membayar Rp10.000 dari harga sajian yang dipesan sebelumnya. Per hari saya mampu menjual nasi babi guling ini hingga 300 porsi,” ujarnya.

Sementara itu, Arya salah seorang konsumen nasi babi guling Men Rebo mengungkapkan, kuliner nasi babi guling Men Rebo ini menjadi incarannya setiap Rabu. Sebab, selain menunya komplit, cita rasanya terutama terletak pada kulit babi guling ini sangat nikmat dengan perpaduan rasa gurih dengan tektur yang renyah. “Bumbunya meresap sehingga rasanya enak. Selain itu, harganya juga terjangkau,” pungkasnya. (man)