Bank Mantap Proyeksikan Kredit Tumbuh Dikisaran Rp 20 Triliun

Mangupura (Bisnis Bali) –Memasuki 2019 kalangan bankir optimis kinerja perbankan masih mampu bertumbuh. Bank Mantap salah satunya, pada tahun Babi Tanah ini optimistis mempu mengejar pertumbuhan kredit di atas 30 persen dan dana pihak ketiga di atas 20 persen.

Direktur Utama Bank Mantap Josephus K. Triprakoso, Selasa (8/1) mengatakan, tahun ini bank masih akan tetap fokus dalam menggarap segmen bisnis pensiunan karena pertumbuhan kredit bagi wirausaha pensiunan ini berpotensi tumbuh tinggi. Bank sinergi dua BUMN ini menargetkan dapat menggaet makin banyak pensiunan yang dilayani tahun ini dengan mengandalkan program wirausaha pensiunan, apalagi pada  2018 lalu target 75.000 nasabah pensiunan tercapai.

“Program ini memberikan pendampingan hingga ke pasarnya, apabila ada nasabah berminat merintis jalan sebagai pengusaha,” katanya.

Dari sisi kredit secara keseluruhan, Josh biasa ia disapa menyampaikan tahun ini diproyeksikan dapat tumbuh minimal 32 persen menjadi minimal di kisaran Rp 20 triliun, sedangkan dana pihak ketiga targetkan tumbuh minimal 21 persen menjadi Rp18,6 triliun.

“Kami menargetkan aset pada 2019 dapat mencapai minimal di kisaran Rp25 triliun atau tumbuh minimal 25 persen,” katanya.

Menurutnya selain melalui DPK yang tumbuh, bank yang berencana membuka kantor pusat di Jakarta ini juga berencana menerbitkan surat berharga untuk mendukung pendanaan pada 2019.

Untuk mendukung pencapaian kinerja tersebut, Josh menegaskan tahun ini akan mengembangkan layanan-layanan yang mendukung peningkatan dana murah, melalui mobile banking, E-Wallet dan kolaborasi dengan pihak fintech untuk meningkatkan coverage layanan dengan lebih efisien.

“Kami juga akan meluncurkan produk-produk baru yang akan memudahkan pensiunan untuk melakukan transaksi keuangan sehari-hari,” paparnya.

Ditambahlagi bank sebelumnya telah mendapatkan penambahan investasi lewat suntikan dana segar Rp500 miliar dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dan PT Taspen (Persero). Harapannya mendorong Bank Mantap dalam meningkatkan akses jaringan layanan perbankan dan meningkatkan kemampuan dalam menciptakan produk baru agar dapat melayani pensiunan ASN dan TNI/Polri dengan lebih baik.*dik