Sejumlah Toko Modern di Tabanan tak lagi Sediakan Kantong Plastik

Tabanan (Bisnis Bali) – Sejumlah toko modern di Kabupaten Tabanan tak lagi memberikan kantong plastik kepada konsumen sekarang ini. Sebagai gantinya, mereka (toko modern) tawarkan tas yang dibandrol Rp 5.000 per buah.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabanan, A.A Ngurah Raka Icwara, di sela-sela pemantaun kesejumlah toko modern di Tabanan, Senin (7/1) mengungkapkan, sejumlah toko modern di Tabanan sudah ada yang menyikapi terkait adanya peraturan gubernur (Pergub) No 97 tahun 2018 tentang pembatasan plastik sekali pakai. Di sisi lain akuinya, ada pula sejumlah toko modern yang masih menyediakan kantong plastik kepada konsumen.
“Alasan dari toko modern yang masih menyediakan kantong plastik ini karena hanya untuk menghabiskan stok yang ada dan rencananya ketika stok itu habis, mereka tidak lagi menyediakan kantong plastik,” ujarnya.
Jelas Raka, pemantauan kelapangan ini dilakukan untuk menindak lanjuti Pergub. Selain itu, upaya ini dalam rangka menghimpun informasi terkait pembuatan Peraturan Bupati (Perbup) sebagai pendukung Pergub No.97 tahun 2018 tentang penggunaan kantong plastik.
Paparnya, toko modern yang dikunjungi diantaranya Alfamart, Indomaret dan Mini Mart diseputaran Tabanan. Selain itu, pihaknya juga menyasar KFC yang berlokasi di by pass Ir. Soekarno, Tabanan. Katanya, sejumlah toko modern yang tidak memberikan kantong plastik ini, memberikan alternatip lain kepada konsumen dengan menggunakan tas yang sudah disediakan dengan dibandrol Rp 5.000 per buah.
Nampaknya, dari pemantauan layanan alternatif pengganti kantong plastik oleh sejumlah toko modern tersebut, disambut positif oleh konsumen. Terbukti sudah ada konsumen yang membeli untuk menampung barang belanjaan.
Sementara itu, targetnya Perbub sebagai pendukung Pergub tersebut akan selesai disusun dalam satu bulan ke depan. Rencananya, setelah Perbub usai disusun barulah akan dilakukan sosialisasi dan memanggil pemegang kebijakan.(man)