Mi Koples, Rasa Unik jadi Incaran

Denpasar (Bisnis Bali) – Masyarakat umum pasti tidak asing dengan berbagai olahan yang berbahan dasar mi, bihun atau sejenisnya. Namun untuk varian mie koples pastinya masih jarang ditemui khususnya di Denpasar. Mi koples sebenarnya bisa dikategorikan sebagai makanan tradisional, kuliner satu ini biasanya mudah ditemui di daerah Klungkung.

“Mi koples ini memiliki rasa sangat unik, untuk mereka yang belum pernah mencoba pasti akan penasaran atau merasa aneh dengan tampilan unik mi koples ini,” ungkap Wayan Kariasih salah seorang pedagang muliner tradisional di seputaran Jalan Sedap Malam Denpasar.

Untuk bumbu yang digunakan hampir sama dengan bumbu serombotan yang merupakan kuliner khas Klungkung. Hanya, beraneka sayuran yang biasanya dijumpai pada kuliner serombotan diganti dengan mie yang kemudian disiram bumbu kacang yang didominasi rasa pedas dan dilengkapi dengan bawang goreng dan kacang.

“Satu porsi mi koples ini tidaklah mahal, hanya Rp 5.000, tapi soal rasa dijamin akan bikin nagih dan ngangenin. Rasanya unik tapi enak sekali. Peminatnya banyak, hanya saja masih banyak juga masyarakat yang tidak mengenal kuliner satu ini,” imbuh Wayan Kariasih.

Mi koples ini bisa dinikmati sebagai teman makan nasi atau dimakan langsung sebagai camilan ditemani kerupuk. Kuliner ini sederhana tapi nikmatnya tidak ada duanya. Penasaran kan, kuliner ini banyak dijumpai di bilangan jalan Sedap Malam atau langsung datang ke pasar senggol Klungkung. (ita)