BERBAUR - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta didampingi Sekda I Gede Putu Winastra berbaur dengan masyarakat melaksanakan persembahyangan Hari Suci Siwaratri di Pura Jagatnatha Klungkung, Sabtu (5/1) lalu.

Semarapura (Bisnis Bali) – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta didampingi Sekretaris Daerah, I Gede Putu Winastra, melaksanakan persembahyangan dalam rangka Hari Suci Siwaratri bertempat di Pura Jagatnatha Klungkung, Sabtu (5/1) lalu. Persembahyangan juga diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), masyarakat serta generasi muda.

Persembahyangan di Pura Jagatnatha Klungkung, dibagi menjadi tiga tahap, yakni tahap pertama dimulai pukul 18.00 wita yang di-puput oleh Ida Pedanda Gede Made Tembau dari Gria Kulon Aan, Desa Aan Kecamatan Banjarangkan. Sementara tahap kedua berlangsung pada pukul 00.00 wita dan tahap ketiga pada pukul 05.00 wita keesokannya, yang di-puput oleh Jro Mangku di Pura Jagatnatha Klungkung.

Usai melakukan persembahyangan, Bupati Suwirta memberikan dharma wacana secara singkat. Bupati mengajak masyarakat dan generasi muda di Kabupaten Klungkung untuk menyucikan diri dengan cara melakukan perenungan semalam suntuk melalui persembahyangan dalam rangka mengintrospeksi diri sendiri. “Momen perayaan Siwaratri bisa dijadikan sebagai malam perenungan baik dari sisi positif maupun negatif dengan tujuan mengintrospeksi diri mengenai apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan ke depannya,” ajak Bupati Suwirta.

Di samping itu, Bupati juga meminta agar secara bersama-sama menaati dan mengawal pelaksanaan penerapan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Klungkung Nomor 1 Tahun 2014 tentang KTR, Perda Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah, dan Perda Nomor 2 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta didampingi Sekretaris Daerah I Gede Putu Winastra beserta OPD melanjutkan melakukan persembahyangan di Pura Sad Kahyangan Goa Lawah yang terletak di wilayah Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan. (dar)