Buah Plum bisa Dibudidayakan di Bali, Ini Caranya

Denpasar (Bisnis Bali) – Buah plum belakangan sangat tren. Buah impor tersebut awalnya banyak dipasarkan melalui media sosial, kemudian mulai membanjiri pasar buah bahkan di pinggir jalan banyak yang menjajakannya. Harganya yang cukup tinggi yaitu mulai Rp60 ribu per kilogram tak menjadi persoalan bagi konsumen.

Melihat respon pasar terhadap buah plum, mengindikasikan budidaya plum sangat prospektif apalagi belum banyak yang mengembangkan. Budidaya plum di Indonesia memungkinkan untuk dilakukan, namun perlu perhatian khusus terutama di masa-masa awal budidaya.

Ir. Yayuk Suryati, dari Dira nursery di Sanur Denpasar, mengatakan budidaya buah plum bisa dilakukan di Bali. “Tanaman plum memang bukan dari Indonesia yang beriklim tropis, tapi ada plum dataran rendah yang bisa tumbuh dan berbuah kalau ditanam di Indonesia. Sekarang banyak orang mulai mencari bibit plum ini,” tuturnya beberapa waktu lalu.

Untuk budidaya plum, yang perlu diperhatikan adalah faktor pencahayaan. “Karena plum berasalĀ  dari daerah subtropis, sehingga tidak membutuhkan terlalu banyak cahaya. Paling banyak cahaya yang diterima tanaman plum setiap hari sebaiknya hanya 70% saja, kalau lebih tanaman bisa mati,” ungkapnya.

Makanya tanaman plum membutuhkan naungan, agar tak terpapar sinar matahari langsung. “Daun plum bisa terbakar kalau terpapar sinar matahari penuh. Makanya perlu naungan dari tanaman lain,” ujarnya.

Pohon inangnya biasanya berupa pohon jati atau sengon. “Jadi sebenarnya tanaman plum ini bisa ditumpangsarikan dengan tanaman tadi, atau jenis tanaman lainnya,” tandasnya. Jadi tanaman inang harus ditanam lebih dahulu baru bibit plum.

Untuk dibudidayakan di lahan, dibuat lubang tanam dengan kedalaman 10 cm – 15 cm. Sebelum menanam bibit, lubang diberi pupuk kandang dan diamkan sekitar 3 hari. Setelah itu, baru bibit dimasukkan. Jarak tanam antar bibit baiknya sekitar tiga meter.

Pemupukan susulan dilakukan sebulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang. Sedangkan penyiraman sebaiknya dilakukan sehari sekali jika media tanam telah kering.

Tanaman plum biasanya sudah bisa berbuah dan dipanen sekitar umur tiga tahun, meski sebelumnya tanaman sudah mulai belajar berbuah. (pur)