Pelayanan di LPD Desa Pakraman Celuk.

Gianyar (Bisnis Bali) – LPD Desa Pakraman Celuk, Sukawati, Gianyar telah menyelesaikan laporan sepanjang tahun 2018 dengan hasil yang sangat memuaskan. Selain mampu memenuhi semua target yang dirancang sebelumnya, pencapaian laba pun melebihi target hingga 11,5 persen dari yang direncanakan.

Kepala LPD Desa Pakraman Celuk, I Wayan Samarata, saat ditemui, diruangannya, Jumat (4/1)  mengatakan, total pencapaian laba pada tahun 2018 sebesar Rp6,4 miliar, sementara perolehan laba yang ditargetkan hanya Rp5,7 miliar. Ditambahkannya perolehan laba pada tahun sebelumnya (2017) hanya Rp5,6 miliar.

Leahnya perekonomian serta kondisi yang sulit diakui juga dirasakan oleh LPD Celuk sepanjang  2018. Namun melalui berbagai upaya serta kinerja yang maksimal, membuat rencana kerja yang ditargetkan bisa tercapai. “Bahkan yang terpenting pencapaian laba bisa melampaui,” ujarnya.

Demikian pencapaian lainnya, juga dikatakan melebihi dari yang ditargetkan seperti penyaluran kredit, dari dari yang ditargetkan hanya sebesar Rp95,7 miliar namun penyaluran  yang dilakukan  sebesar Rp111,2 miliar. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya (2017) penyaluran kredit hanya Rp90 miliar.

Sementara dana pihak ketiga (DPK) yang mampu dihimpun LPD Desa Pakraman Celuk yaitu mencapai Rp122,3 miliar, tumbuh signifikan dari tahun sebelumnya yang tercatat hanya Rp84,8 miliar. Dan hingga saat ini aset yang dimiliki LPD Celuk yaitu mencapai Rp157 miliar, melebihi dari yang ditargetkan hanya Rp121 miliar. “Perolehan tahun 2017 hanya Rp115 miliar,” terangnya.

Samarata mengatakan, LPD Desa Pakraman Celuk didukung oleh 435 KK dengan 1 banjar. Keberadaan LPD dikatakannya telah menjadi tumpuan masyarakat, yang banyak kegiatan di desa adat didukung oleh LPD, melalui kontribusi yang diberikan disamping dana pembangunan yang rutin diserahkan setiap tahunnya.

“Tahun ini saja sekitar Rp1,2 miliar kami serahkan ke desa adat sebagai dana pembangunan yang merupakan 20 persen dari laba,” imbuhnya. (wid)