’’Butterfly Pea Tea”, Minuman Segar dan Sehat

Gianyar (Bisnis Bali) – Konsep makanan dan minuman sehat yang menyegarkan telah mulai ditawarkan oleh restoran-restoran saat ini. Salah satunya jenis minuman yang diberi nama Butterfly Pea Tea yang memberikan kesegaran dari rempah alami.

Jenis minuman ini dapat ditemui di Tulsi Restaurant yang berada di area Om Ham Retreat, Ubud. Dengan tampilan warna ungu yang diberikan oleh pewarna alami bunga telang membuat minuman ini cukup menarik untuk dinikmati.

Staf Tulsi Restaurant, Devi, saat ditemui beberapa waktu lalu mengatakan, minuman ini terbuat dari berbagai bahan alami, seperti sereh, jahe, cengkeh dan adas bintang. Tentunya dari bahan dasar pembuatan tersebut yang kaya akan rempah, minuman ini memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Devi mengakui memang benar minuman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, seperti menangani permasalahan pada tenggorokan serta sangat baik untuk sistem pencernaan, khususnya di bagian perut. Rasa yang ditawarkan pun tidak mengecewakan meski terbuat dari jenis rempah-rempah dan tanpa pemanis. “Hal itu dikerenakan, perpaduan bahan-bahan dengan takaran yang sesuai, sehingga minuman ini sangat enak untuk dinikmati,” ujarnya.

Disinggung soal cara pembuatannya, Devi mengatakan tidak sulit. Berbagai bahan baku yang telah dicuci bersih direbus terlebih dahulu, selanjutnya setelah mendidih baru dimasukan bunga telang untuk memberi warna pada minuman tersebut. “Biasanya efek bunga telang memberikan warna biru. Untuk itu kita tambahkan lime agar warnanya menjadi ungu,” terangnya.

Bagi penggemar rasa manis, minuman ini bisa dinikmati dengan menambahkan madu. Dengan bahan-bahan  alami, selain menyehatkan, minuman ini juga terbebas dari efek samping. Untuk harga, Devi mengatakan, hanya Rp15.000 per gelas. Namun di Tulsi Restaurant, minuman ini sudah bisa dinikmati langsung yang dijadikan sebagai welcome drink. “Tapi untuk yang melakukan order khusus, tentu bisa,” imbuhnya. (wid)