Membiasakan Anak Makan Ikan Sejak Dini

Denpasar (Bisnis Bali) – Memiliki anak yang tidak rewel makan tentu menjadi kebanggaan terendiri bagi orangtuanya terutama para ibu. Apalagi kalau anak sangat suka mengkonsumsi ikan. Ibu perlu berbahagia karena dapat mengoptimalkan kandungan gizi ikan yang sangat berguna bagi tumbuh kembangnya.

Salah satu jenis ikan yang dapat Ibu sajikan untuknya adalah ikan mujair. Ya, ternyata ikan mujair memiliki kandungan gizi ikan yang memadai untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. “Kandungan gizi ikan mujair tidak hanya sebagai sumber protein, lho.  Apalagi ikan mujair tidak sulit untuk di dapatkan selain itu harganya juga tidaklah mahal alias sangat terjangkau,” ungkap Purnama Dewi salah seorang ahli gizi di sekolah internasional.

Apa saja manfaat dari ikan khususnya ikan mujair bagi anak-anak, berikut ulasannya.

1. Bagi pertumbuhan

Bagi seorang Ibu, tentunya pertumbuhan si kecil adalah hal yang wajib diperhatikan. Satu diantara zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tersebut adalah protein yang banyak terdapat dalam ikan. Ikan mujair pun demikian. Kandungan protein di dalamnya sekitar 45 persen dari nilai harian pada diet 2000 kalori.

2. Bagi tulang

Tulang dan gigi si Kecil tentu membutuhkan kalsium tersebut untuk mengurangi risiko penyakit tulang dan gigi. Sekitar 11,3 persen dalam ikan mujair terkandung manfaat kalsium yang sangat dIbutuhkan oleh tulang. Bahkan jumlah tersebut sudah melebihi kebutuhan kalsium harian yang disarankan oleh pakar kesehatan yang hanya sekitar 10 persen saja.

3. Bagi otak

Kecerdasan otak adalah manfaat tambahan yang sangat berguna dari ikan mujair. Kandungan omega 3 nya sangat bermanfaat untuk perkembangan fungsi otak. Berdasarkan penelitian U.S Department of Agriculture, sekitar 150 miligram DHA dan EPA terkandung dalam setiap 400 gram ikan mujair. Ikan mujair sangat cocok untuk menjadi sumber protein yang mudah didapat sekaligus murah.

“Selain tiga hal tadi masih banyak lagi manfaat dari ikan air tawar ini, mengolahnyapun tidaklah sulit, bisa digoreng, di pepes atau di tim tergantung keinginan dan favorit anak anak” ungkap Purnama. Kalau bicara soal rasa ikan mujair ini tidak kalah enak dengan ikan lainnya seperti tenggiri, kakap atau ikan lainnya. (ita)