AIR PANAS – Objek wisata air panas di Desa Gitgit yang mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Singaraja (Bisnis Bali) – Pemandian air panas kini juga bisa ditemukan di Kecamatan Sukasada, tepatnya di Desa Gitgit. Pemandian air panas yang dikelola oleh sejumlah kelompok pemuda di Desa Gitgit ini kini menjadi objek wisata baru. Apalagi lokasinya bersebelahan dengan lokasi wisata air terjun tentu menjadikan Desa Gitgit makin dikenal dengan potensi wisata alamnya.

Made Wicana, pengelola kolam air panas Gitgit mengatakan, air panas ini sebenarnya sudah ada dari sejak dulu dan sudah pernah dikelola. Hanya saja pengelolaan ini sempat terhenti karena lokasi air panas terkena bencana alam dan hancur. Mengingat lokasi pemandian air panas ini berada di pinggiran sungai, mengantisipasi meluapnya air sungai sementara pihaknya memperdalam sungai dan membuat kontruksi pinggiran kolam lebih kuat sehingga ketika air bah kolam tetap kokoh dan kuat. “Sampai saat ini kita masih terkendala pendanaan, ke depan apabila sudah ada dana yang mencukupi kami akan buat bangunan yang lebih aman demi kenyamanan pengunjung,” katanya.

Saat ini bersama-sama dengan warga masyarakat dan pemuda di Desa Gitgit sejak tujuh bulan lalu objek wisata ini mulai dikelola kembali menjadi daerah tujuan wisata baru di Desa Gitgit. Sumber air panas berasal dari alam ini ditampung dan dialirkan ke kolam untuk dijadikan tempat berendam. Letak kolam air panas ini berada di lembah yang berdekatan dengan air terjun dan aliran sungai.

Sejak mulai dibuka untuk umum, kolam air panas ini selalu ramai dari pengunjung, setiap harinya lebih dari lima puluh orang datang ketempat ini dan kunjungan selalu meningkat setiap memasuki akhir pekan.

“Pengunjung yang datang biasanya bersama keluarga dan orang-orang terdekat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Wicana masyarakat yang ingin berkunjung ke kolam air panas Desa Gitgit ini tidak perlu membayar mahal cukup memberikan donasi seiklasnya yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan dan pengembangan kolam air panas. (ira)