I Wayan Sastrawan, Berani Mencoba

MINAT generasi muda untuk berwirausaha saat ini sudah mulai tumbuh yang didukung perkembangan teknologi digital dan memberi kemudahan untuk pemasaran produk yang dimiliki. Hal ini yang mendorong I Wayan Sastrawan turut serta terjun di dunia usaha dengan ikut mengelola bisnis milik keluarga dalam industri pariwisata.

Pria yang saat ini masih duduk di bangku kuliah dengan mengambil Prodi Hukum di Universitas Warmadewa ini mengatakan, saat ini banyakan teman-temannya yang sudah mulai melakukan bisnis kecil-kecilan. “Wirausaha di kampus-kampus sudah mulai berkembang saat ini. Berbagai inovasi pun mulai diciptakan untuk mampu meraih pasar. Demikian juga perguruan tinggi saat ini telah gencar mendorong generasi muda untuk berwirausaha,” ungkapnya.

Namun demikian, diakuinya sebagian mahasiswa masih memiliki ekspetasi untuk bekerja menjadi PNS setelah menyelesaikan kulianya nanti. Hal tersebut dikarenakan berbagai faktor yang salah satunya adalah permodalan.

Menurutnya, hal tersebut bukanlah menjadi kendala yang besar, karena banyak lembaga keuangan yang mampu menangani permasalahan tersebut, salah satunya LPD. “Modal yang terpenting adalah keberanian untuk mencoba dan berusaha, karena semuanya butuh usaha. Bahkan, setelah suskses nanti pun kita perlu usaha untuk mempertahankan kesuksesan tersebut,” katanya. (wid)