Rai Mantra Ajak Kembangkan Kreativitas dan Produktivitas

Denpasar (Bisnis Bali) – Perkembangan industri digital makin hari makin berkembang. Peluang inipun mulai dilirik oleh banyak pihak khususnya para generasi muda. Hal tersebutlah yang menjadi alasan hadirnya acara Sampoerna Enterpreneurship EXPO 2018 di Bali. Acara ini dilaksanakan di Taman Budaya Kertalangu baru-baru ini. Pengusaha muda, Gibran Rakabuming selaku Co-Founder Madhang, Akhyari Hananto, Founder Good News From Indonesia/GNFI, dan Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra mendapat penghargaan Walikota Enterpreneur Award 2018 sebagai pembicara dalam kesempatan tersebut. Acara dimoderatori oleh Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Selly Mantra yang dihadiri pada undangan dari anak-anak muda hampir dari seluruh Bali.

Dalam kesempatan tersebut bagaimana anak-anak muda mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi secara positif menjadi sorotan, terlebih anak-anak muda diharapkan tidak hanya kreatif namun juga produktif khususnya dalam menggunakan sosial media. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra mengambil contoh keberadaan Tukad Bindu sebagai pengembangan ekonomi kreatif berbasis partisipasi masyarakat. “Tukad Bindu itu dibesarkan oleh komunitasnya dan para vlogger, cepat naik dan dikenal karena kecepatan akses media sosial,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan, sekarang pengembangan sektor ekonominya memiliki progress yang pesat karena keterlibatan aktif masyarakat. “Masyarakat sudah banyak yang berjualan, anak-anak muda juga tidak malu membuka kedai, jadi ini yang harus diapresiasi,” katanya.

Selain itu, Rai Mantra juga sangat mengapresiasi hadirnya Good News From Indonesia/GNFI, yang terus mengawal pemberitaan positif khususnya di media sosial. “Saya kira ini cerdas ya, jangan sampai masyarakat diracuni dengan berita-berita yang belum tentu kebenarannya,” katanya.

Menyambung hal tersebut, saat ditemui di akhir acara, pihaknya memuji optimisme luar biasa yang muncul dari sosok pengusaha muda Gibran Rakabuming. “Optimisme anak-anak muda harus demikian, peka peluang, mau belajar, dan terus mengasah kreativitasnya,” katanya.

Sementara itu, Stakeholder Relations and CSR Faciities Manajer, Indra Refipal Sembiring mengatakan, sosok Wali Kota Denpasar sangat menginspirasi anak-anak muda, karena latarbelakangnya yang juga seorang pengusaha. “Selain itu program-program Pemerintah Kota Denpasar juga mendukung pengusaha-pengusaha muda dan ekonomi kreatif jadi tepat,” ungkapnya.

Tak ketinggalan, salah satu peserta Putu Vidia Sania Dewi mengaku mendapatkan banyak ilmu dan mulai berpikir akan menggunakan media sosial untuk mengembangkan kreativitas hingga dapat menghasilkan. “Jadi lebih terbuka saja wawasannya, dan makin semangat jadinya cari ide-ide baru,” katanya. (sta)