Menjelang akhir tahun ini, sejumlah diler roda empat di Bali mulai perang promo. Para pebisnis otomotif ini mulai berlomba menawarkan program menarik dengan target memaksimalkan penjualan. Apa saja programnya?


PROMO besar-besaran, yakni mulai down payment (DP) rendah hingga angsuran rendah ini digeber untuk terus merangsang penjualan otomotif saat ini.
Program ini menjadi jurus ampuh pebisnis dalam melakukan penetrasi pasar di tengah ketatnya persaingan pasar otomotif belakangan ini.
Salah satunya Mitsubishi Motors mempersembahkan promo akhir tahun.
Menurut Head of Region 2 Sales & Marketing MMKSI (PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia), Amiruddin, promo melalui eksibisi ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Mitsubishi yang menunggu momen pembelian kendaraan pada akhir tahun dengan ekspektasi mendapatkan program pembiayaan/harga dan hadiah menarik.
Pada special exhibition kali ini, MMKSI bekerja sama dengan 4 rekanan lembaga pembiayaan (leasing) yang telah siap memberikan penawaran paket dan hadiah yang menarik selama pameran ini. Ke-4 leasing tersebut yakni DIPO, BCA Finance, Adira Finance dan Mandiri Tunas Finance.
Program yang ditawarkan mulai bunga ringan, bonus voucher belanja, diskon biaya administrasi leasing, bonus asuransi gempa, banjir dan TJH, gratis e-toll serta tentunya program penjualan dari MMKSI yakni gratis biaya jasa hingga 50.000 km/4 tahun, gratis kaca film V-Kool.
Untuk XPANDER yang penjualannya meningkat dua kali lipat pada 2018 ini dibandingkan tahun lalu, untuk DP mulai dari Rp30 juta-an, gratis asuransi kendaraan selama 1 tahun, bonus asuransi tambahan dan hadiah langsung, gartis e-toll, ditambah program penjualan dari MMKSI berupa Paket SMART biaya jasa dan suku cadang hingga 50.000 km/3 tahun.
Diharapkan, program yang atraktif ini bisa memaksimalkan penjualan. Promo exhibition ini merupakan yang pertama kali di Bali. “Kalau ini efektif, akan digelar secara reguler,” tambahnya.
Terkait penjualan Mitsubishi, Head of Sales & Marketing Group MMKSI Imam C. Cahya mengatakan, meningkat signifikan. Secara nasional penjualan 2017, rata-rata 6.500 unit/bulan. Tahun 2018 ini naik dua kali lipat menjadi 12.250/bulan. “Terbanyak XPANDER,” jelasnya.
Di Bali, 2017 sekitar seratus unit. Sejak ada XPANDER meningkat jadi 250 unit/bulan. Meski penjualan meningkat, diakui market share di Bali baru 21 persen (Januari-Oktober) masih di bawah rata-rata nasional 29 persen.
Selain XPANDER, Pajero Sport juga mendapat penerimaan pasar yang baik di Bali dengan pangsa pasar mencapai 48% (data per Oktober 2018) .
Untuk mengejar penjualan lebih tinggi sejumlah upaya dilakukan di antaranya aktivitas marketing yang lebih agresif sehingga bisa menyamai nasional. Saat ini penjualan Mitsubishi di Bali rata-rata 250 unit/bulan. Terbesar penjualan XPANDER yang mencapai 150 unit.
Sementara itu, menurut Kepala Cabang Auto 2000 Denpasar, Haris Prasetya, pihaknya sengaja menawarkan promo akhir tahun berupa DP mulai Rp 15 juta per unit dan angsuran mulai Rp 3 juta per unit.
Kata Haris, promo ini digeber untuk terus merangsang penjualan mobil yang sedang lesu darah saat ini.
“DP atau uang muka rendah ini, menjadi jurus ampuh kami dalam melakukan penetrasi pasar di tengah ketatnya persaingan pasar otomotif roda empat belakangan ini,’’ jelasnya.
Terbukti, penjualannya saat ini rata-rata mencapai 400 unit lebih per bulan, dan target tahun ini diproyeksikan bisa teralisasi 7.500 unit.
Menurutnya, DP rendah diberikan agar masyarakat bisa dengan mudah memiliki mobil. Pembelian mobil secara kredit masih mendominasi permintaan dibandingkan yang tunai. “Konsumen di Bali lebih tertarik sistem kredit dalam kepemilikan mobilnya, yakni sekitar 85 persen konsumen di tempat kami melakukan transaksi dengan sistem kredit,” katanya. Untuk lembaga pembiayaan, pihaknya bekerja sama dengan BII Finance, Adira Finance, Oto Finance, ACC, serta lembaga pembiayaan lainnya.
Hal senada diungkapkan General Manager Kia Bali, Dodi Dikariawan. ‘’Menjelang akhir tahun ini kami memberikan program cicilan tanpa bunga alias 0 persen, khusus untuk varian All New Kia Sedona,’’ ujarnya.
Selain menyediakan angsuran tanpa bunga, KIA Bali juga  memberikan keistimewaan bagi konsumennya dengan program bertajuk Kia Holiday Service. ’’Dengan program ini, kami memberikan diskon untuk perawatan berkala, yakni gratis 1 liter oli mesin, diskon jasa servis 20 persen, dan diskon spare part 10 persen, ‘’ ungkapnya.
Program ini sengaja pihaknya luncurkan, untuk memberikan kenyamanan bagi konsumennya untuk melakukan aktivitas berpergian jauh di akhir tahun. ‘’Kami membuktikan komitmen kami pada pemenuhan kepuasan pelanggan, terutama yang ingin melakukan perjalanan jauh, agar perjalanan dengan Kia lebih nyaman, aman dan menyenangkan,’’ imbuhnya.
Di samping itu, Service Call Center-nya juga siap dihubungi kapan saja selama 24 jam. (aya)